oleh

1 Ramadhan Ditetapkan Jatuh pada Jumat 24 April 2020

Jakarta-Hasil sidang isbat yang digelar Kementerian Agama Republik Indonesia telah memutuskan 1 Ramadhan untuk tahun Masehi 2020.

“Menetapkan awal 1 Ramadhan 1441 Hijriah jatuh pada esok hari, bertepatan hari Jumat tanggal 24 April 2020,” kata Menteri Agama Fachrul Razi di Gedung Kemenag, Jalan MH Thamrin No. 6, Jakarta, Kamis 23 April 2020.

Untuk itu, Fachrul mengajak kepada seluruh umat Islam untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan gembira.

“Mari kita sambut kedatangan Ramadhan untuk melipatgandakan pahala. Marhaban ya ramadhan,” katanya.

Sebelum itu, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, menyatakan, pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan awal bulan Ramadhan 1441 Hijriah/2020 Masehi. Rukyatul Hilal pada 82 titik pemantauan yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia.

“Rukyatul hilal dilaksanakan oleh petugas Kanwil Kemenag Provinsi bekerja sama dengan ormas Islam, BMKG, dan Mahkamah Agung. Mereka akan melakukan pemantauan hilal di 82 titik yang telah ditetapkan. Titik pantau terbanyak di Jawa Timur, 27 lokasi, dan Jawa Barat dengan delapan lokasi,” kata Kamaruddin Amin.

Menurut Kamaruddin, sehubungan kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia, sidang isbat digelar dengan skema berbeda. Pihaknya memanfaatkan sarana teleconference dalam sidang isbat tahun ini.

“Seiring kebijakan physical distancing dan sesuai protokol kesehatan, kita menghindari ada kerumunan. Sidang isbat memanfaatkan teknologi teleconference, sehingga peserta dan media tidak perlu hadir di Kementerian Agama,” ujarnya.

Turut hadir, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah Zaidi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi, Plt Sekjen Kemenag Nizar, dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin. Sidang juga diikuti perwakilan ormas melalui aplikasi pertemuan daring. []

(Sumber | SAHIJAB.COM)

Advertisement

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed