oleh

2 WNI Positif Corona, IDI Aceh Imbau Dokter-Paramedis Siaga di Lokasi Wisata

banner 728x90

Banda Aceh-Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Aceh meminta dokter di Tanah Rencong untuk siap jika ada warga terkena virus corona. Imbauan tersebut dikeluarkan menyusul adanya dua warga negara Indonesia (WNI) positif terjangkit Covid-19.

“IDI menekankan kepada dokter untuk siap dengan segala kemungkinan dan marilah sama-sama kita sambil bersiap dan belajar tentang kasus ini,” kata Ketua IDI Wilayah Aceh dr Safrizal Rahman kepada wartawan di Banda Aceh, Senin (2/3/2020).

Menurut Safrizal, para dokter diminta untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Sosialisasi penting digelar untuk mengajak warga menerapkan gaya hidup sehat sehingga nanti dapat mengantisipasi terjangkitnya virus corona.

Selain itu, Safrizal juga mengimbau kepada dokter di perbatasan dan daerah wisata untuk bekerja ekstra. Hal itu karena daerah tersebut rawan didatangi pengunjung dengan kondisi Covid-19 positif.

“Itu menjadi concern kita juga karena mereka memang sangat rawan dimasuki oleh pendatang dengan kondisi Covid-19 positif, sehingga kerja ekstra dari mereka untuk melakukan pengawasan dan kemudian pelaporan,” jelas Safrizal.

“Kalau perlu tidak hanya melibatkan dokter tapi juga para medis kita minta untuk siaga,” imbuhnya.

Safrizal mengimbau masyarakat tidak panik. Menurutnya, virus corona dapat diantisipasi dengan pola hidup sehat dan imunitas yang tinggi.

“Kita memang tidak bisa menghindari virus ini untuk datang ke kita, tapi kalaupun datang ke daerah kita itu bukan artinya selesai semuanya. Tapi kita bisa melewatinya, mengatasinya jika seandainya daya tahan tubuh baik, gaya hidup baik dan imunitas kita tinggi. Virus ini sampai waktunya dia bisa kita kalahkan dan pergi dari tubuh kita,” beber Safrizal. []

(Sumber | DETIK.COM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed