oleh

4 Kuliner Aceh Legendaris yang Pernah Dicicipi Jokowi

-Kuliner-306 views

Jakarta-Setelah merilis video kulineran dari berbagai daerah seperti di Solo dan Bogor, kini Jokowi kembali merilis video kulineran terbarunya. Kali ini kuliner Aceh yang pernah ia cicipi.

Melalui video berdurasi 12 menit, Presiden Joko Widodo memperkenalkan empat kuliner Serambi Mekah yang pernah dicicipinya. Mulai dari Kopi Solong yang tersohor, Warung Nasi Kambing Lem Bakrie, Mie Razali dan Bu Si Itek Bireuen.

Rupanya kuliner Aceh yang pernah Jokowi tersebut sudah terkenal legendaris, seperti Kopi Solong. Haji Nawawi, pemilik Kopi Solong tersebut menuturkan bahwa kedai kopinya itu merupakan yang tertua di Ulee Kareng, Aceh.

“Dulu tahun 1974 belum ada kedai-kedai kopi. Kopi Solong ini yang tertua. Bukanya mulai dari jam 6 pagi dan itu langsung ramai. Dalam sehari sekiranya bisa sampai 1.000 pengunjung,” tutur Haji Nawawi.

Di kedai kopi tersebut tersedia 20 menu kopi dan jajanan, seperti kopi hitam manis, kopi hitam susu, kopi sanger, kopi kocok telur. Namun, pemilik kedai mengatakan bahwa menu kopi sanger espresso adalah salah satu menu yang paling dicari pengujung.

Kuliner Aceh selanjutnya yang pernah disambangi oleh Jokowi adalah Warung Nasi Kambing Lem Bakrie. Warung yang menawarkan menu berupa olahan ayam dan kambing itu sudah beroperasi sejak 2013. Sang pemilik, Bakrie menjelaskan bahwa menu makanannya dimasak dengan bumbu hasil racikannya sendiri.

“Menu nya ada ayam goreng panas, ayam tangkap sampai kari kambing. Waktu pak Jokowi ke sini itu pesan kari kambing sama ayam goreng. Beliau suka menu itu dan katanya ‘enak sekali’,” ujar Bakrie.

Lebih lanjut, Bakrie juga menceritakan bahwa saat orang nomor 1 di Indonesia itu berkunjung ke warungnya, tetap mempersilahkan warung buka seperti biasa. Semenjak kedatangan Jokowi itu juga membuat warung yang menawarkan kuliner Aceh itu menjadi lebih ramai lagi.

Begitu pula pada kuliner Aceh dengan menu mie Aceh ini. Warung tersebut dikenal dengan nama Mie Razali yang termasuk legendaris sejak tahun 1967. Menu yang ditawarkan ada mulai dari mie campur, mie kepiting, mie seafood, roti canai, martabak Ace hingga teh tarik.

“Saya gak menyangka sekali, bapak Presiden mau berkunjung ke sini. Waktu itu beliau pesan mie Ache kuah daging dan jus tomat. Tak minta macam-macam, pengunjung yang lain tetap santai di meja makan,” ujar Heri, salah satu juru masak di sana.

Kuliner Aceh terakhir yang diperkenal Jokowi melalui vlognya di youtube ada Bu Si Itek Bireuen yang sudah beroperasi sejak tahun 2002. Menu yang ditawarkan di warung tersebut adalah makanan olahan bebek dan ayam.

Ustadz Heri menjelaskan bahwa warungnya tersebut bermula dari warung emperan di pinggir jalan. Kini, semakin berjalannya waktu ia berhasil memajukan usahanya sampai sebesar sekarang. Warungnya kini banyak dikenal orang, bahkan menarik perhatian Presiden Jokowi untuk datang dan mencicip makanannya.

“Buka dari jam 11 siang sampai jam 3 sore untuk makan siang. Terus lanjut lagi jam 5 sampai jam 10. Itu kalau siang kira-kira sampai 400 pengunjung. Kalau malam bisa 1.000 lebih,’ ujar Heri.

Heri berharap bahwa makanan Indonesia terutama kuliner Aceh ini bisa dikenal masyarakat luas, hingga ke luar negeri. Ia juga mengatakan bahwa orang Indonesia harus bangga dengan keberagaman kuliner Indonesia.

Video kulineran Jokowi seri kuliner Aceh tidak hanya berhenti sampai itu saja. Di episode selanjutnya, Jokowi masih akan memperkenalkan kuliner Aceh lainnya yang tak kalah lezat.

Ternyata video kulineran Jokowi tersebut selalu dinanti oleh netizen khususnya bagi foodies. Berbagai tanggapan yang menunjukkan ketertarikan dengan kuliner Aceh banyak disampaikan di kolom komentar.

“Saya orang Aceh sangat bangga, terima kasih pak Jokowi, ayo teman2 ke Aceh, makan mie Aceh kepiting serius enak,” tulis salah satu netizen.

“Siapa disini, nonton sambil nelen ludah?,” komentar netizen lainnya. []

(Sumber | DETIK.COM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed