oleh

Aceh Targetkan 3,3 Juta Warga Disuntik Vaksin Corona Mulai Maret

Banda Aceh-Pemprov Aceh menargetkan 3,3 juta warga Tanah Rencong disuntik vaksin Corona mulai Maret 2021. Angka tersebut didasari surat Kemenkes.

“Kondisi terakhir kita akan update lagi, tapi kalau merujuk pada surat Dirjen P2P Kemenkes tanggal 19 Oktober 2020, Aceh estimasi akan mendapatkan vaksin 3,3 juta orang,” kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, saat dimintai konfirmasi, Senin (4/1/2021).

Saifullah mengatakan vaksin diprioritaskan untuk 40 ribu tenaga kesehatan dan tenaga pendukung serta 1,8 juta peserta BPJS penerima bantuan iuran. Selain itu, vaksin diperuntukkan bagi 1,8 juta masyarakat dan pelaku ekonomi.

“Ini sekali lagi angka estimasi dan kemungkinan Aceh akan mulai pada Maret 2021 mendatang,” jelas Saifullah.

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksin COVID-19 PT Bio Farma Bambang Herianto menyebut 3 juta dosis vaksin dari Sinovac telah tiba di Indonesia. Vaksin itu akan didistribusikan ke 34 provinsi.

“Betul mulai hari ini vaksin akan mulai kita distribusikan ke 34 provinsi,” Bambang, dalam konferensi pers Update Target Penyelesaian Vaksinasi dan Kesiapan Vaksin COVID-19, Minggu (3/1).

Bambang menyebut pihaknya telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk pendistribusian vaksin tersebut. Menurutnya, 10 ribu puskesmas serta lebih dari 40 kantor kesehatan pelabuhan (KKP) di Tanah Air telah disiapkan untuk mendukung proses distribusi vaksin Sinovac.

“Semuanya sudah disiapkan untuk rantai dinginnya untuk menerima vaksin ini. Karena vaksin ini kan ini bukan program pertama kali dilakukan di Indonesia, banyak sekali program vaksinasi selama ini dan berjalan baik dilakukan oleh Kementerian Kesehatan,” ujar Bambang. []

(Sumber | DETIK.COM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed