oleh

Aceh Timur Pertahankan Gelar Juara Umum HAI Tingkat Provinsi

Kuala Simpang-Kabupaten Aceh Timur berhasil mempertahankan gelar juara umum pada ajang Hari Aksara Internasional (HAI) ke-54 Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2019. Hal ini setelah dewan juri mengumumkan pemenang lima bidang lomba Hari Aksara Internasional (HAI) Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2019, yang dipusatkan di Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang sejak 22-25 Oktober 2019.

Hari Aksara Internasional (HAI) ke-54 Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2019 ditutup Wakil Bupati Aceh Tamiang, H.T. Insyafuddin, ST diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Basyaruddin, SH, Jum’at (25/10/2019), di Tribun Kantor Bupati setempat.

Ia mengatakan, prestasi gemilang yang diperoleh melalui berbagai jenis perlombaan yang diselenggarakan oleh panitia penyelenggara tidak muncul secara instan, akan tetapi melalui sebuah proses perjuangan yang panjang dan melelahkan serta mendapat reward dari Pemerintah.

“Dan ini merupakan wujud dari dukungan kepada para pegiat pendidikan untuk terus berinovasi, sehingga buta aksara yang merupakan isu Internasional ini, dapat segera kita atasi. Hal ini tentunya dibutuhkan dukungan dan sinergitas dari pemangku kebijakan dan kepentingan dalam mengatasi permasalahan buta aksara ini,” ujar Sekda mengutip sambutan tertulis Bupati Aceh Tamiang.

Pihaknya berharap kepada pegiat pendidikan untuk terus belajar secara kreatif dan inovatif, dengan mengasah kemampuan melalui media-media pendukung yang ada.

“Kualitas sumberdaya manusia akan dapat terbentuk, sehingga tercipta masyarakat yang cerdas, terampil dan berbudaya serta memiliki keahlian vokasional sebagai bekal untuk menata dan meraih masa depan yang lebih baik,” tuturnya.

Kepada para pemenang perlombaan Hari Aksara Internasional (HAI) Ke-54 Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2019, ia berpesan untuk tidak berpuas diri, terus belajar dan berlatih untuk pertahankan prestasi yang sudah diraih.

“Tingkatkan terus kemampuan yang ada dan terus belajar, sehingga kedepan dalam event-event yang lebih bergengsi dapat mengikuti dengan lebih baik lagi sehingga diharapkan dapat meraih masa depan yang lebih gemilang,” pesannya.

Kepada yang belum berhasil, ia berpesan agar jangan berkecil hati dan tetap semangat dan menganggap event ini sebagai pemacu diri agar ke depan lebih baik lagi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang, Zulkarnain Putra yang juga panitia pelaksana penutupan peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) Ke-54 Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2019, menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk memilih penilik, pamong belajar dan pengelola PKBM serta tutor pendidikan keaksaraan yang terbaik se-Aceh.

“Pemilihan ini ditetapkan oleh tim juri dari masing-masing kategori berdasarkan nilai tertinggi yang diperoleh peserta lomba. Tim juri menetapkan lima nilai tertinggi sebagai juara pertama sampai juara harapan II,” terangnya.

Untuk tahun 2020, tambahnya Pemerintah Aceh akan melaksanakan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-54 Tingkat Provinsi Aceh di Kabupaten Pidie Jaya atau Kabupaten Aceh Besar.[]

(Editor | M. Zairin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed