oleh

Ajudan Gubernur Ini Sudah Sembuh Covid-19 tapi Positif Lagi

Medan-Ajudan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Ori Kurniawan, positif terinfeksi virus corona Covid-19 berdasarkan hasil uji swab Senin 4 Mei 2020. Pemuda berusia 25 tahun itu menjadi kasus pertama pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh tapi terinfeksi kembali di Sumatera Utara.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Aris Yudhariasyah, menduga Ori bisa kembali terinfeksi karena reaktivasi atau reinfeksi virus. “Hasil swab RS Adam Malik, Medan, 4 Mei 2020, menyatakan Ori kembali positif Covid-19 setelah sebelumnya sembuh pada awal April 2020,” ujar Aris.

Berdasarkan hasil tes swab terbaru itu, Ori yang sedang berada di kampung halamannya, Bireun, Aceh, dibawa ke RS Martha Friska, Medan. Aris menerangkan, sejak dinyatakan sembuh yang pertama, Ori belum lagi bertugas di Kantor Gubernur Sumatera Utara.

“Jadi Dinas Kesehatan Bireun yang harusnya mengetahui orang-orang yang pernah kontak langsung dengan Ori,” ujarnya.

Kasus Ori menjadikan per 5 Mei 2020, jumlah pasien positif Covid-19 sebanyak 130 orang. Sedang yang meninggal sudah 14 orang dan mereka yang dalam pengawasan (PDP) sejumlah 154 orang.

Adapun pasien sembuh tapi terinfeksi kembali juga pernah dilaporkan di Cina dan Korea Selatan. Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC), Jeong Eun-kyeong, mengatakan virus di tubuh pasien mungkin telah kembali aktif . Bukan pasien yang terinfeksi ulang atau tertular lagi.

Ahli lain mengatakan tes yang salah mungkin juga berperan. Bisa juga, seperti dugaan Jeong bahwa sisa-sisa virus corona mungkin masih ada dalam tubuh pasien tetapi tidak menular atau membahayakan pasien atau orang lain. []

(Sumber | TEMPO.CO)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed