oleh

Bachtiar Nitura Ketua Forum Mukim Banda Aceh

Banda Aceh-Setelah sepuluh tahun berjuang, akhirnya Forum Mukim Kota Banda Aceh resmi terbentuk.Kamis, 31 Mei 2018, forum yang diketuai Bachtiar Nitura, dikukuhkan Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, di gedung Mawardy Nurdin, Balaikota setempat.

Adapun kepengurusan forum tersebut meliputi, Bachtiar Nitura, selaku ketua yang merupakan imum mukim Lueng Bata, wakil ketua Ismail Is (Imum Mukim Kayee Adang), sekretaris, Amirullah (Imum Mukim Putroe Phang), wakil sekretaris, Arius Abdul Khadir (Imum Mukim Tgk Chik Dilamnyong).

Selanjutnya, bendahara, Azman (Imum Mukim Baiturrahman), penasehat, Rusli H. Raden (Imum Mukim Meuraxa), Bukhari M. Ali (Imum Mukim Lam Ara), Zainuddin (Imum Mukim Tgk Chik Abdurrauf).

Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman menyampaikan adanya Forum Mukim di Banda Aceh akan menguatkan tugas-tugas dan fungsi kemukiman. Aminullah berharap organisasi ini dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Adanya Forum ini akan menguatkan tugas dan fungsi-fungsi kemukiman. Kami juga akan mendapatkan info terkini terkait apa saja yang telah dilakukan di gampong-gampong dibawah naungan Mukim,” ujarnya.

Aminullah juga menilai, forum mukim ini sebagai sarana komunikasi dan silaturrahmi antar mukim dan gampong yang kemudian diharapkan akan saling share kesuksesan.

Dalam kesempatan ini, Aminullah meminta para Mukim dapat berperan dalam berbagai hal di lingkungannya masing-masing, seperti pengawasan penegakan syariat Islam, memelihara kerukunan umat beragama, memerangi narkoba, pemberdayaan ekonomi hingga pelaksanaan adat-istiadat.

Informasi dari Kabag Tapem Setdakota Banda Aceh, Ria Jelmanita, Bachtiar Nitura terpilih sebagai Ketua Forum Mukim pada Musyawarah Forum Mukim yang digelar 5 Maret 2018 di Aula Kantor camat Baiturrahman.

Usai dikukuhkan, Bachtiar Nitura mengatakan lahirnya Forum Mukim merupakan perjuangan panjang selama 10 tahun.”Perjuangan ini sudah 10 tahun, Insya Allah hari ini sudah dikukuhkan,” ujarnya.

Saat menyampaikan sambutan, Bachtiar Nitura berharap akan lahir sebuah Qanun Mukim sehingga pihaknya memiliki peran optimal dan legal dalam menjalankan fungsi.

“Dengan adanya Qanun Mukim, mungin akan bisa berperan lebih banyak lagi demi mewujudkan Banda Aceh gemilang dalam bingkai syari’at,” harap Bachtiar yang juga Imum Mukim Lueng Bata.[]

(Editor | M. Zairin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed