oleh

Bank Aceh Syariah Rutin Setor Zakat ke BMA, Bank Lain Kapan?

Laporan | Afrizal

Banda Aceh-Bank Aceh Syariah secara rutin setiap tahun menyetorkan zakatnya ke Baitul Mal Aceh (BMA). Tahun 2020 bank milik Pemerintah Aceh tesebut menyetorkan zakat penghasilan pegawainya sebesar Rp500 juta.

Penyerahan zakat tersebut diserahkan langsung Direktur Utama PT Bank Aceh Syariah, Haizir Sulaiman yang diterima Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Rahmad Raden di kantor pusat Bank Aceh Syariah, Batoh, Senin (18/5/2020).

Rahmad berharap, langkah yang dilakukan Bank Aceh dapat menjadi pionir bagi perbankan lain yang beroperasi di Aceh agar ikut serta menyalurkan zakat lewat lembaga Baitul Mal.

“Dana yang disalurkan itu bersumber dari zakat karyawan Bank Aceh yang bertugas di Kantor Pusat, Kantor Pusat Operasional dan Kantor Cabang Banda Aceh. Sementara kantor cabang lain, telah menyalurkan zakat karyawannya melalui Baitul Mal kabupaten/kota,” ujar Rahmad

Rahmad menambahkan, perbankan yang lain sejatinya dapat menyalurkan zakat karyawannya melalui Baitul Mal Aceh karena secara hukum zakat itu harus disalurkan melalui lembaga penyalur resmi di tempat berdomisili lembaga muzaki tersebut. Menurutnya zakat yang dikelola Baitul Mal selama ini telah disalurkan kepada mereka yang membutuhkan melalui berbagai program. Program tersebut telah memberi berbagai manfaat bagi mustahik.

Di samping itu, Rahmad juga mengapresiasi sejumlah instansi vertikal di Aceh yang sudah menyalurkan zakat nya melalui Baitul Mal. “Kalau semua instansi vertikal mau menyalurkan zakatnya melalui Baitul Mal, saya pikir penerimaan zakat bisa lebih 100 M,”kata Rahmad.

Pada kesempatan yang sama, Rahmad menyampaikan terima kasih kepada pihak Bank Aceh yang telah menyalurkan zakat karyawannya melalui Baitul Mal Aceh. Ia berharap, penyaluran zakat dari Bank Aceh dapat terus meningkat setiap tahunnya.

“Insya Allah zakat ini akan kita salurkan tepat sasaran dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan. Terutama dalam kondisi Covid-19 ini, begitu banyak saudara kita yang menjadi orang miskin baru,” ujar Rahmad.

Sementara itu, Dirut Bank Aceh, Haizir Sulaiman, berharap penyaluran zakat tersebut dapat memberi keberkahan kepada seluruh karyawan Bank Aceh dan dapat bermanfaat bagi mustahiq yang akan menerima zakat.

Senada dengan Rahmad, Haizir juga mengajak perbankan lain dan setiap instansi vertikal lainnya di Aceh untuk ikut menyalurkan zakat karyawannya melalui Baitul Mal Aceh.

“Kami berharap instansi vertikal lainnya di Aceh dapat juga menyalurkan zakat nya di Baitul Mal Aceh, kita yakin penyalurannya tepat sasaran,” kata Haizir.

Haizir berharap, penyaluran zakat tersebut dapat memberi keberkahan kepada seluruh karyawan Bank Aceh dan dapat bermanfaat bagi mustahiq yang akan menerima zakat. []

(Editor | Redaksi)

Advertisement

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed