oleh

Bantuan Tunai dari Dana Desa Gampong Lamkuta Abdya Cair, Gampong Lain Kapan?

-Bisnis-164 views
banner 728x90

Laporan | Adi Tanjung

Blangpidie-Kabar gembira itu datang dari Gampong Lamkuta, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya). Bayangkan, setelah lama dinanti akhirnya Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana Desa Tahap satu bulan April 2020, cair juga. Lantas bagaimana Gampong lainnya?

Ada sebanyak 89 Kepala Keluarga (KK) di Gampong Lamkuta, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) sumber dana desa itu.

Penyerahan BLT dana desa tersebut berlangsung di Kantor Geuchik Gampong Lamkuta, Blangpidie, Kamis (21/05/2020).

“Penerima BLT dampak COVID-19 di gampongnya mendapatkan Rp 600 ribu per KK,” kata Geuchik Gampong Lamkuta, Tarmizi, S.

Pada saat penyerahan bantuan tersebut, pihaknya juga mengundang unsur Muspika Blangpidie untuk menyaksikan proses pembagian BLT sebagaimana edaran Menteri Desa (Mendes).

Ia menyebutkan, 89 KK penerima BLT itu sudah memenuhi kriteria. Sebab telah melalui proses pendataan secara selektif bahwa mereka bukan PNS, bukan penerima bantuan PKH, dan bukan penerima bantuan pangan nontunai (BPNT), serta bukan pegawai BUMN.

“Proses pendataan yang kita lakukan sangat selektif. Untuk data awal, kita meminta agar kepala lorong mendata warga lorong masing-masing yang memang memenuhi kriteria sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Kemudian data itu dimusyawarahkan dan diverifikasi di tingkat desa oleh aparatur, tuha peut, dan tuha lapan gampong, baru kemudian diverifikasi kembali di tingkat kecamatan,” sebut Tarmizi.

Proses pendataan selektif itu dilakukan dengan tujuan penerima bantuan tersebut tidak terjadinya tumpang tindih.

“Kita berharap dana BLT ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” katanya. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed