oleh

Bikin Bangga! Ditangan Haji Nanda, Aceh Masuk Lima Besar Kelulusan SNMPTN di Indonesia

Banda Aceh-Bangga! Mungkin kata ini pantas untuk Drs. H. Rachmat Fitri HD, MPA atau akrab disapa Haji Nanda. Ditangan dirinya menahkodai Dinas Pendidikan Aceh, Provinsi Aceh berhasil masuk lima besar kelulusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020 di kancah Nasional.

Sebab, di tengah wabah Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang melanda dunia, Indonesia dan Aceh, tidak menyurutkan prestasi putra-putri generasi muda Aceh di Perguruan Tinggi ternama.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Rabu 8 April 2020 merilis adanya 5.132 peserta yang berhasil lulus SNMPTN 2020 dari 12.359 siswa SMA/SMK/MA yang mendaftar atau setara dengan 42 persen. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2019.

Lima provinsi yang masuk dalam lima besar secara berturut-turut adalah Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Utara, Jawa Tengah dan Aceh.

“Pendidikan tidak boleh berhenti meskipun sedang dilanda bencana, seperti Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Namun, anak didik kita bisa tetap fokus dan pada akhirnya berhasil lulus SNMPTN serta menempatkan Provinsi Aceh di urutan ke lima, ini sebuah kebanggaan bagi kita semua,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. H. Rachmat Fitri HD, MPA, Senin (13/04/2020), di Banda Aceh.

Prestasi ini sekaligus keberhasilan bagi Haji Nanda===sapaan akrab Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. H. Rachmat Fitri HD, MPA, menakhodai Dinas Pendidikan Aceh.

Namun, Rachmat Fitri menilai keberhasilan tersebut merupakan atas arahan maupun bimbingan Pelaksana Tugas Gubernur, Ir. Nova Iriansyah, MT dan Sekretaris Daerah Aceh dr. Taqwallah, M.Kes, dalam mewujudkan cita-cita menjadi Aceh Carong.

“Tentunya tidak terlepas peran dan dukungan semua pihak, terutama Kepala sekolah, guru, siswa, orang tua/wali dan pengawas sekolah serta teman-teman di jajaran Dinas Pendidikan Aceh yang telah berikhtiar dengan penuh keikhlasan dalam mengantarkan siswa hingga lulus pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit,” katanya.

Ia mengatakan, semua pihak pasti merasa sedih melihat kondisi saat ini. Tetapi pendidikan anak-anak tidak boleh berhenti dan harus terus berjalan demi meraih masa depan yang lebih cerah lagi.

“Makanya di tengah musibah (COVID-19) ini, mari kita bersama-sama memotivasi dan membimbing generasi didik kita di rumah secara maksimal, demi masa depan yang semakin cerah di hari esok,” katanya lagi.

Ia juga menyampaikan bahwa, melalui jalur SNMPTN tahun 2020, Provinsi Aceh memastikan sebanyak 5.135 siswa SMA/SMK/MA telah mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sesuai dengan harapan.

Bagi yang belum mendapat kesempatan pada jalur SNMPTN, maka para siswa agar mempersiapkan diri dan memanfaatkan jalur-jalur seleksi lainnya seperti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur Ujian Mandiri.

Sijempol Aceh

Mengantisipasi peluang kelulusan dalam proses seleksi selanjutnya, Dinas Pendidikan Aceh telah mempersiapkan beberapa kegiatan pendukung antara lain penyelenggaraan Kelas Digital dari Aplikasi Sistem Jejaring Media Pembelajaran Online Aceh (Sijempol Aceh).

Sijempol Aceh ini diselenggarakan oleh Tim Teaching dari guru-guru terbaik se Aceh. Sijempol Aceh dapat diakses oleh seluruh siswa kapan saja dan dimana saja melalui link https://belajar.kemdikbud.go.id/si-jempolaceh/. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed