oleh

BLT Dana Desa Cair Lagi di Aceh Tamiang

Aceh Tamiang-Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD) yang diberikan Pemerintah sebesar Rp.300 ribu kembali cair. Seperti di Kampung Simpang Lhee, Kecamatan Manyak Payed.

BLT-Dana Desa (BLT-DD) menjadi salah satu bantuan sosial (bansos) yang dilanjutkan pemerintah pada tahun 2021 disalurkan setahun penuh.

Program ini menjadi prioritas penggunaan Dana Desa menghadapi dampak Pandemi COVID-19 dan memulihkan perekonomian.

Datok Penghulu Kampung Simpang Lhee, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang, Usman Muhammad mengatakan, pada bulan pertama dan tahun 2021 ini pihaknya menyalurkan BLT-DD kepada 146 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayahnya itu.

“Pemerintah Pusat telah menganggarkan BLT-DD selama 12 bulan. Bantuan ini disalurkan dengan tujuan agar dapat membantu meringankan kebutuhan hidup masyarakat miskin sehari-hari, dan Insya Allah BLT akan digulirkan setiap bulannya selama satu tahun penuh,” ujar Usman Muhammad.

Hal itu disampaikan Usman Muhammad, saat penyaluran BLT-DD, Selasa, (23/02/2021), di Kantor Datok setempat. BLT-DD yang digulirkan Pemerintah, pada hakekatnya untuk membantu masyarakat ditengah Pandemi COVID-19 sejak pertama diumumkan pada 27 Maret 2020 lalu.

Ia tidak menapik adanya data perubahan penerima BLT-DD sebbelumnya. Keputusan ini sudah dilakukan pihaknya sesuai prosedur yang sudah ditetapkan dan terus bekerja secara maksimal agar bantuan tersebut tepat sasaran.

Usman Muhammad menyebutkan, desa diwajibkan kembali menganggarkan BLT Dana Desa terhitung sejak Januari-Desember 2021 dengan besaran Rp.300 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sesuai dengan pasal 39 Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

Usman Muhammad menjelaskan pada tahun 2020 BLT – DD diberikan kepada 193 KPM. Namun setelah ada verifikasi dan validasi data dan telah dimuktahirkan melalui Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) pada tahun 2021 menjadi 146 KPM.

“Penerima BLT-DD 2021 adalah mereka yang sebelumnya menerima bantuan ini pada tahun 2020 dengan mempertimbangkan hasil pemutakhiran atau validasi data KPM 2020 berdasarkan beberapa hal diantaranya KPM meninggal dunia, KPM pindah domisili, KPM merupakan penerima Jaring Pengaman Sosial (JPS) seperti, PKH, BPNT, BPUM, atau penerima bantuan sosial lainnya dari pemerintah daerah dan atau pemerintah pusat,” katanya menjelaskan.

Pada pembagian BLT-DD Bulan Pertama (Januari) Tahun 2021 turut dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi I DPRK Aceh Tamiang, Maulizar Zikri yang juga merupakan anggota Dewan dari Dapil 2 (Manyak Payed, Banda Mulia, Bendahara dan Seruway).

Pada kesempatan tersebut Dekdan sapaan akrab Maulizar Zikri mengharapkan dengan adanya bantuan pemerintah ini agar dapat digunakan sebaik – baiknya.

“Bantuan ini adalah bantuan dari dampak Covid-19. Jadi harus kita syukuri, jangan dengan ada bantuan ini menambah persoalan baru. Pemerintah Pusat telah membantu jadi harus kita syukuri,” sebutnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir juga perwakilan Camat Manyak Payed, Babinsa, Bhabinkamtibmas, MDSK dan perangkat Kampung serta Pendamping Lokal Desa (PLD), Fauzi serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.  []

(Editor     | Redaksi)
(Laporan | Erwan) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed