oleh

BPBD Aceh Tamiang Imbau Masyarakat Siaga Banjir

Aceh Tamiang-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang, mengimbau masyarakat untuk siaga bencana banjir akibat cuaca ekstrem. Bencana ini tidak sekadar menganggu aktivitas masyarakat, tetapi juga menimbulkan berbagai kerugian materiil dan immateriil.

Disamping mengimbau masyarakat agar tetap siaga banjir, pihaknya juga telah menyiagakan personilnya di kawasan banjir yang merendam sejumlah Kampung dalam wilayah Kecamatan Tenggulun sejak Minggu 14 Desember 2020 kemarin.

“Akibat banjir tersebut sehingga merendam ratusan rumah warga di daerah ini,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang, Syahri SP, Senin, (14/12/2020), di Aceh Tamiang.

Ia menyebutkan, wilayah yang terdampak banjir di Kecamatan Tenggulun meliputi Desa Tenggulun, Desa Simpang Kiri, Desa Rimba Sawang, sedangkan Kecamatan Tamiang Hulu yang terdampak banjir Desa Bandar Khalipah, Desa Perkebunan Pulau Tiga, Desa Alur Tani, Desa Ronggo dan Desa Kaloy.

“Untuk sementara ini air terlihat mulai surut dan warga yang mengungsi ketempat yang tinggi juga sudah mulai kembali kerumah masing-masing,” sebutnya menjelaskan.

Namun, kondisi cuaca tampak mendung dan pihaknya tetap dalam keadaan siaga untuk daerah hulu, sedangkan bagian hilir saat ini di Kecamatan Seruway yaitu Kampung Baru ada rumah penduduk masuk air banjir karena dampak air dari hulu sungai.

Sahri menyebutkan juga, kemudian Kampung Rantau Pakam Kecamatan Bendahara terjadi longsor tebing sungai tamiang karena dampak kencangnya gerusan air sungai saat banjir pada Minggu 13 Desember kemarin.

“Kami meminta masyarakat agar tetap waspada dengan cuaca ekstrim karena air banjir luapan sungai Tamiang bisa terjadi kapan saja,” ungkap Sahri mengakhiri. []

(Editor     | Redaksi)
(Laporan | Erwan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed