oleh

Bulan Ramadhan, Desa Mata Ie Blangpidie Berbagi Sesama Warga dan Anak Yatim

banner 728x90

Laporan | Adi Tanjung

Blangpidie-Bulan Ramadan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia, begitu pun di Indonesia, termasuk Provinsi Aceh. Puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Bahkan, dikatakan belum sempurna keimanan seorang tanpa rukun Islam keempat itu.

Di bulan Ramadhan ini, sedekah adalah salah satu amalan yang sangat disukai Allah SWT. Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk mendapatkan pahala sebesar-besarnya adalah melalui sedekah.

Islam sering menganjurkan umatnya untuk bersedekah. Di bulan Ramadan, anjuran itu lebih diperkuat lagi, karena pahala yang dijanjikan akan dilipatgandakan.

Bersedekah di bulan Ramadhan seperti halnya yang di lakukan perangkat desa Mata Ie, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang membangun silaturahmi antar warga dengan berbuka puasa bersama seraya menyantuni anak yatim, terlebih menjelang lebaran.

“Kegiatan seperti ini sudah menjadi rutinitas desa setiap tahunnya. Yang ingin kita capai adalah mempererat silaturahmi dan berbagi dengan anak yatim,” kata Nasruddin, Kepala Desa Mata Ie, usai berbuka di Mushola Dayah Teumpeun desa setempat, Minggu (17/05/2020).

Nasruddin menjelaskan, desa Mata Ie tidak mengutip santunan anak yatim dari masyarakat, namun BUMG menyisihkan dari sisa hasil usaha tahunan yang ditranfer ke Rekening desa yang disebut dengan pendapatan asli desa (PAD) tahun 2020. “Anak yatim yang kita santuni berusia dibawah 15 tahun,” sebutnya.

Masih kata Nasruddin, selain berbuka puasa bersama seluruh warga dan menyantuni anak yatim, kegiatan ini ditutup dengan tausiah yang disampaikan oleh Tgk Ismail yang berasal dari Aceh Selatan. “Siap salat tarawih ada tausiah sebagai penutup kegiatan,” ujarnya.

Ia lantas berharap, berkah dari kegiatan ini semoga masyarakat Desa Mata Ie dijauhkan oleh Allah dari segala marabahaya dan diberi keberkahan, serta diharapnya untuk sama-sama berdoa agar virus corona atau Covid-19 segera berlalu.

“Semoga virus ini segera berlalu dan masyarakat dapat mencari rezeki seperti sediakala,” katanya. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed