oleh

Cara Mudah Masak Daging Agar Cepat Empuk, Pakai Nanas

Jakarta-Masakan dari bahan baku daging baik ayam maupun sapi sangat lekat dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri. Biasanya daging diolah menjadi campuran sayur atau lauk yang melengkapi ketupat. Namun masih banyak kesalahan umum yang membuat tekstur daging cenderung masih keras.

Corporate Executive Chef Prasanthi Hotels and Resorts Chef Bahran membagikan tips bagaimana memasak daging supaya empuk dan nikmat disantap dan bisa memakai panci biasa. Menurut dia, tips khusus untuk mengolah ayam kampung, pertama ayam kampung harus dicuci bersih dengan garam atau dicuci dengan kunyit bubuk.

“Garam dan kunyit bisa menghilangkan bau amis yang ada di daging ayam kampung, sebelum dimasak daging ayam kampung wajib direbus selama 5 menit dulu menghilangkan darah dan kotoran yang menempel di daging ayam kampung setelah itu silahkan bisa dimasak apa saja,” ucap Chef Bahran dalam Kuliah WhatsApp bertema Menyambut Idul Fitri dengan Masakan Istimewa di Rumah Saja, Rabu 20 Mei 2020.

Kemudian, jika Anda ingin masak daging sapi atau kambing, Chef Bahran memberikan saran agar daging lebih empuk. Daging dipotong sesuai kebutuhan lalu bungkus dengan daun pepaya selama satu jam atau campur dengan parutan buah nanas sekitar 30 menit.

“Ketika memasukan daging kedalam bumbu jangan cepat-cepat di kasih air, usahakan masak sampai berubah warna setelah itu masukan air lalu masak dengan api kecil sambil ditutup (empuk dalam arti daging tidak hancur),” saran Chef Bahran.

Nanas mengandung enzim bromelain. Enzim ini termasuk dalam kelompok enzim protease sulfihidril yang mampu menghidrolisis ikatan peptida atau polipeptida menjadi asam amino pada protein.
“Nah enzim inilah dapat menghasilkan serat pada daging, sehingga membuat tekstur daging menjadi empuk dan lunak daging kambing daging sapi,” ungkap Chef Bahran.

Tips daging empuk setelahnya adalah marinasi bumbu dan pemberian air saat proses masak. Usahakan biarkan bumbu meresap lebih dulu sebelum direbus dengan air.

“Rentang waktu antara membiarkan bumbu meresap dan pemberian air yaitu sekitar 10 menit, sampai bumbu berubah warna,” saran dia. []

(Sumber | TEMPO.CO)

Advertisement

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed