oleh

Dari ‘Gubuk Derita’, Kini Dua Warga Miskin Blang Pandak Miliki Rumah Layak Huni 

banner 728x90

Laporan | Afrizal

PT. Mifa Bersaudara kembali menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat miskin. Kali ini, perusahaan batu bara ini membangun rumah layak huni dan MCK untuk Sekolah di Blang Pandak, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie.

Pembangunan dua unit rumah layak huni dan satu unit MCK tersebut sebagai bentuk dukungan PT. Mifa Bersaudara terhadap peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2019, yang dipusatkan di Gampong yang terletak dibawah lembah gunung Halimun.

Bantuan rumah layak huni untuk masyarakat miskin ini dan fasilitas sekolah, menggambarkan perusahaan tersebut bukan hanya peduli di Pantai Barat-Aceh saja, namun juga meluas hingga ke Pantai Timur-Aceh.

Pagi menjelang siang, cuaca Gampong Blang Pandak, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, edisi Rabu, 25 Desember 2019, sedikit cerah dan dikelilingi kabut putih. Sekilas memang, hari itu berbeda dengan hari-hari biasanya.

Sejak malam hingga sore hari, aktivitas warga disana agak padat. Berbagai aksi sosial hadir di Gampong itu. Dari kegiatan donor darah, gotong royong, pembersihan rumah ibadah hingga pembangunan rumah layak huni.

Adalah di halaman Mesjid Gampong setempat. Warga berbondong-bondong untuk menuju kesana. Sebuah panggung yang ukurannya tidak begitu besar berdiri kokoh di depan perkarangan Mesjid Gampong Blang Pandak, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie.

Plt Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT, saat menyerahkan plakat bantuan rumah layak huni bantuan PT Mifa Bersaudara. (FOTO | DOK. PENAPOST.ID)

Seorang laki-laki berseragam biru muda bertopi pet sedang lalu-lalang di lokasi puncak HKSN Tahun 2019 yang di gelar Dinas Sosial Provinsi Aceh. Ternyata pria tersebut adalah CSR & Corporate Communication Senior Manager PT Mifa Bersaudara, Azizon Nurza. Ia sedang menunggu kedatangan romobongan Pelaksana Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT beserta istri.

Pada prosesi pengumuman bantuan dari lintas SKPA, tersebutlah PT. Mifa Bersaudara yang ikut andil membangun dua unit rumah layak huni kepada warga dan MCK di Gampong Blang Pandak, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie.

MC meminta Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT, CSR & Corporate Communication Senior Manager PT Mifa Bersaudara, Azizon Nurza dan penerima bantuan rumah layak huni dan sekolah yang diberi bantuan MCK memasuki tempat yang telah disediakan panitia.

Prosesi penyerahan plakat rumah layak huni dan MCK berlangsung dengan lancar dalam balutan haru. Selain dari PT. Mifa Bersaudara, bantuan rumah tersebut juga ada dari Pemerintah Aceh melalui SKPA terkait.

Usai penyerahan plakat rumah layak huni, media ini mencoba meminta keterangan CSR & Corporate Communication Senior Manager PT Mifa Bersaudara, Azizon Nurza terkait bantuan rumah layak huni dari perusahaan batu bara tersebut.

Ia mengatakan, bantuan tersebut untuk mendukung HKSN Tahun 2019 dengan harapan dapat membantu masyarakat dan sekolah yang ada di Gampong Blang Pandak, Tangse, Kabupaten Pidie.

“Karena walau bagaimanapun masyarakat yang ada di Blang Pandak ini adalah masyarakat yang mewakili untuk Aceh. Sebab, perjuangan Aceh untuk sejahtera, untuk maju berangkat dari Gampong ini. Harapan kita bantuan ini memberi energi dan juga dapat menginspirasi bagi pihak lainnya untuk membangun Aceh kedepan,” ujar Ozizon.

Pihaknya menyerahkan kepada Pemerintah terkait siapa warga yang layak menerima bantuan rummah tersebut yang tentunya dari keluarga miskin di daerah tersebut.

“Yang terpenting bukan hanya di Blang Pandak, tapi seluruh perusahaan di Aceh mari bersama-sama membangun Aceh ke arah lebih maju dan sejahtera. Karena jika hal tersebut terwujud pasti investasi apapun pasti didukung oleh Pemerintah,” ungkapnya.

Menariknya lagi, pada tahun 2020 nanti ia memastikan PT. Mifa Bersaudara akan memberikan CSR hingga 10 persen dialokasi pembangunan rumah layak huni. Hal ini sesuai dengan arahan Plt Gubernur Aceh. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed