oleh

Dari Zona Oranye Muncul Konfirmasi Baru

Banda Aceh-Kasus Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), di Provinsi Aceh kembali bertambah. Sebanyak 49 orang yang menyebar di 15 Kabupaten/Kota dari zona oranye dilaporkan sebagai konfirmasi baru Corona.

Sementara, penderita COVID-19 yang dinyatakan sembuh bertambah 8 orang dan korban meninggal dunia bertambah 2 orang lagi.

Demikian disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Aceh, Saifullah Abdulgani, kepada media pers saat melaporkan dinamika kasus harian COVID-19, di Banda Aceh, Minggu (15/11/2020).

“Kasus-kasus konfirmasi positif baru tersebut berdasarkan uji swab suspect dengan real time polymerase chain reaction atau RT-PCR, yang hasilnya diperoleh hari ini,” tuturnya.

Ia mengatakan, tidak ada kasus konfirmasi baru dari zona kuning yakni Aceh Barat Daya, Aceh Timur, dan Aceh Tenggara. Semuanya berasal di zona oranye dengan tingkat risiko penularan COVID-19 sedang.

“Hal ini sejatinya menjadi perhatian semua pihak untuk meningkatkan perilaku sosial sesuai protokol kesehatan,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, 20 kabupaten dan kota di Aceh merupakan zona oranye COVID-19 berdasarkan Peta Zona Risiko dari Satgas COVID-19 Nasional, kecuali Aceh Tenggara, Aceh Barat Daya, dan Aceh Timur, yang merupakan zona kuning.

Saifyllah menjelaskan, 49 baru COVID-19 tersebut meliputi warga Kota Banda Aceh sebanyak 7 orang, Aceh Tengah 6 orang, Gayo Lues 5 orang, Aceh Barat, Pidie, dan Pidie Jaya, sama-sama 4 orang.

Kemudian, warga Aceh Utara sebanyak 3 orang, Aceh Selatan, Aceh Besar, Bireuen, Nagan Raya, Aceh Tamiang, dan Lhokseumawe, masing-masing 2 orang. Selanjutnya warga Aceh Singkil dan Bener Meriah sama-sama 1 orang. Sisanya 2 lagi warga luar daerah, rincinya.

Ia juga merinci penderita COVID-19 yang dilaporkan sembuh dalam 24 jam terakhir, sebanyak 8 orang, meliputi warga Kabupaten Aceh Barat sebanyak 4 orang, Aceh Tamiang 3 orang, 1 orang lainnya merupakan warga Aceh Timur.

“Alhamdulillah, angka kesembuhan Aceh juga bertambah terus setiap hari dan mari terus berikhtiar yang disertai doa agar yang sedang isolasi dan dirawat segera sembuh,” ajaknya.

COVID-19

Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani.

Juru Bicara Covid-19 Aceh itu juga melaporkan kasus akumulatif COVID-19, sejak kasus pertama diumumkan pada 27 Maret 2020 silam. Jumlah akumulatif kasus Covid-19 Aceh sudah mencapai 7.911 orang. Penderita yang dirawat saat ini 1.314 orang, sembuh 6.299 orang, dan 298 orang meninggal dunia.

“Dua orang yang dilaporkan meninggal dunia akibat menderita penyakit COVID-19 merupakan warga Pidie,” sebut dia.

Korban COVID-19 yang dilaporkan meninggal dunia hari ini bertambah 4 orang lagi. Ini bukan kasus meninggal dalam 24 jam terakhir, melainkan kasus lama yang dilaporkan pada rekonsiliasi data. Satgas COVID-19 Pidie melaporkan 2 kasus meninggal dan Satgas COVID-19 Aceh Singkil 2 kasus meninggal.

Masih kata Saifullah, kasus-kasus probable di Aceh secara akumulasi saat  ini sebanyak 520 orang. Dari jumlah kasus probable tersebut, 46  orang dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 435 sudah selesai isolasi, dan 39 orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah kasus suspect di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 4.127 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.858 orang sudah selesai masa pemantauan (selesai isolasi), 259 orang dalam proses isolasi di rumah, dan 10 orang isolasi di rumah sakit. []

(Editor     | Muhammad Zairin)
(Laporan | Muhammad Zairin)

Advertisement

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed