oleh

Dua Siswa SMA Negeri Tunas Bangsa Abdya Duta Kamtibmas

Blangpidie-Dua siswa/siswi SMA Negeri Unggul Tunas Bangsa terpilih sebagai Duta Kamtibmas dari Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (26/11/2020). Mereka akan mewakili daerah itu pada event yang sama untuk tingkat provinsi yang digelar di Banda Aceh, awal Desember mendatang.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh wilayah Abdya Drs Syarbaini M.Si mengatakan, pemilihan Duta Kamtibmas merupakan program kerja sama antara Dinas Pendidikan dengan Polda Aceh yang telah dimulai sejak 2017. Tujuannya, antara lain, menumbuhkan kesadaran hukum di kalangan generasi muda sejak dini.

Dia menjelaskan, terdapat 40 siswa dari seluruh SMA dan SMK se-Abdya yang mengikuti kegiatan tersebut. Penampilan para siswa di ajang ini dinilai oleh lima dewan juri yang berasal dari Polres setempat.

Menurutnya, pendidikan adalah wadah utama membentuk karakter generasi penerus bangsa. Pendidikan pula sebagai sarana utama untuk membangun bangsa yang kokoh dan bermatabat pada masa yang akan datang.

“Sekolah diharuskan untuk mengembangkan dan membentuk karakter peserta didik sesuai dengan moral, nilai dan norma yang ada di masyarakat. Harapannya adalah peserta didik mempunyai perilaku budi pekerti luhur, melalui program siswa diharapkan memahami hukum sejak dini sehingga terbentuk karater yang baik,” katanya.

Ia pun mengharapkan agar siswa yang telah terpilih menjadi duta kamtibmas tingkat kabupaten, supaya menjadi duta pelapor kamtibmas di daerah masing-masing. Pihaknya juga mengharapkan peserta fokus dan bersungguh-sungguh mengikuti acara ini meskipun secara daring.

Kapolres Abdya AKBP Muhammad Nasution SIK ketika membuka acara Seleksi Duta Kamtibmas mengharapkan agar para siswa yang mengikuti seleksi berjuang dengan sungguh-sungguh untuk mencapai prestasi terbaik. “Yang terpilih sebagai juara agar bisa membawa nama baik daerah dan meraih prestasi membanggakan di Banda Aceh nanti,” ujarnya. []

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed