oleh

Dyah Erti Sosialisasi Penggunaan Masker di Gampong Pande

Banda Aceh-Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, sosialisasikan penggunaan masker melalui Gerakan Bersama Pakai Masker (Gebrak Masker) untuk cegah penularan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) secara door to door ke rumah warga di kawasan Gampong Pande, Kecamatan Kuta Raja, Kota Banda Aceh, Senin (31/08/2020).

Dyah yang didampingi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kota Banda Aceh, Isnaini Husda, penyanyi asal Aceh Nazia Marwiana, dan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani, secara bersama-sama menyerukan pentingnya pencegahan penyebaran virus korona dengan cara meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan terutama penggunaan masker agar warga setempat dapat terhindar dari penularan.

Dyah mengatakan, program sosialisasi penggunaan masker untuk masyarakat yang dilakukan oleh TP PKK se Indonesia merupakan amanah dari Presiden Joko Widodo untuk mengingatkan kembali pencegahan COVID-19 dengan menggunakan masker.

“Sosialisasi penggunaan masker ini sudah lama sekali kita sosialisasikan, sekarang kasus COVID-19 juga semakin meningkat.  Jadi kita turun untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat agar patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan yang utamanya menggunakan masker,” kata Dyah.

Ia menjelaskan, penggunaan masker sangat efektif menghindari penularan virus corona lantaran penularanya melalui percikan droplet atau cairan dari saluran pernapasan atau mulut yang keluar pada saat bersin, bantuk, dan berbicara dapat dihalau dengan masker. Namun implementasi di kalangan masyarakat Aceh masih cukup rendah.

“Padahal sudah jutaan masker dibagikan oleh pemerintah, baik dari level Provinsi, Kabupaten/Kota sampai gampong sudah dibagikan masker, tapi penggunaan masih rendah juga,” kata Dyah.

Melalui gerakan bersama tersebut, Dyah berharap seluruh elemen masyarakat dapat lebih sadar terhadap bahaya virus yang menyerang saluran pernafasan manusia tesebut serta ikut terlibat mengedukasi sesama masyarakat Aceh akan penting penggunaan masker untuk pencegahan penularan COVID-19.

“Gebrak Masker hari ini merupakan pemanasan dari apa yang akan dilakukan oleh Pemerintah Aceh pada tanggal 4 September mendatang, nantinya secara  bersamaan ASN akan turun ke seluruh kabupaten/kota hingga ke pelosok gampong untuk sosialisasi penggunaan masker,”  Jelas Dyah.

Bukan hanya itu, kata Dyah, pada kampanye besar- besar tersebut akan diisi dengan sejumlah kegiatan lainnya, seperti pemasangan spanduk berisi ajakan memakai masker di masjid-masjid dan juga penyampaian materi pentingnya pakai masker untuk cegah penularan covid-19 di setiap mimbar khutbah Jumat.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kota Banda Aceh, Isnaini Husda, mengatakan Gebrak Masker adalah sosialisasi untuk mengingatkan kembali penggunaan masker kepada masyarakat untuk mencegah penularan COVID-19

“Gerakan ini lebih kepada edukasi bahwa COVID-19 ini nyata adanya dan harus di cegah dengan serius dengan disiplin terapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Pencegahan, kata Isnaini, tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja namun harus dilakukan bersama-sama dengan melibatkan seluruh komponen termasuk masyarakat agar pencegahan COVID-19 bisa lebih efektif dilakukan. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed