oleh

Forum KMBSA Desak Pemda di Barsela Salurkan Sembako

banner 728x90

Laporan | Azhar Sigege

Meulaboh-Forum Komunitas Muda Barat Selatan Aceh (FKMBSA) mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) di daerah tersebut untuk dapat menyalurkan sembako bagi warga yang saat ini sudah Lockdown akibat ancaman penyebaran Coronavirus disease (COVID-19).

“Untuk mendukung seruan Pemda agar masyarakat merumahkan diri dan tidak beraktivitas di luar, kita mendesak Pemda di Wilayah Barat-Selatan Aceh agar segera membantu sembako kepada warga yang sudah tidak beraktivitas terutama masyarakat miskin, jangan sampai rakyat terancam kelaparan akibat kehabisan makanan dan harga barang yang tidak stabil,” pinta Ketua Umum Forum KMBSA, Fitriadilanta, Jum’at (27/03/2020), di Meulaboh.

Pemerintah melalui seruan bersama meminta masyarakat mengunci diri dirumah (Lockdown) dan menyediakan fasilitas pemeriksaan kesehatan untuk masyarakat yang terindikasi ada gejala, serta menyomprot desinfektan ke rumah atau tempat yang dicurigai serta aparat kepolisian mengambil bagian untuk membubarkan keramaian di wilayah hukum masing-masing.

“Seperti dilakukan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (ABDYA), patut di apresiasi, langkah ini mesti ditiru oleh Kabupaten lain agar kerjasama masyarakat dengan pemerintah dalam upaya membasmi COVID-19 berjalan lancar,” katanya mengapresiasi.

Menurutnya, Pemda harus menyikapi situasi darurat ini yang dirasakan masyarakat yang saat ini mulai kewalahan untuk membeli bahan makanan akhir-akhir.

“Barang beranjak naik, rakyat banyak tak bekerja, pemerintah himbau agar warga dirumah saja, sementara kebutuhan bahan pokok belum mendapat dari pemerintah, bagaimana ini,” tutur Fitriadilanta.

Sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk berfikir cepat apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Ia ikut menyorot Pemda Aceh Barat terkait penanganan darurat COVID-19 itu.

“Masker saja tidak mampu disalurkan ke warga, rumah sakit tidak dapat difungsikan untuk rujukan COVID-19, berapa rugi rakyat, sementara pantauan kami rakyat mulai mengeluh karena kebutuhan dalam melawan COVID-19 tidak mampu didukung pemerintah,” selorohnya.

Itu sebabnya, Forum KMBSA meminta Pemda di Pantai Barat Aceh tidak menyepelekan kasus tersebut, banyak masyarakat belum mengetahui apa dampak dari COVID-19, sehingga masih banyak yang menyepelekan, ini mesti segera disikapi dan disosialisasikan ke masyarakat apa yang harus dilakukan selama mengurung diri dirumah.

“Sekali lagi kami desak pemerintah agar segera melakukan subsidi sembako isolasi, karena Aceh mulai dinyatakan positif, mari kita bangun kerjasama untuk melawan Corona, ingat jangan lupakan Allah SWT,” tambah Fitriadilanta. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed