oleh

Foto-Foto Awan Panas dari Letusan Gunung Semeru

Lumajang-Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur, meletus dan memuntahkan awan panas. Letusan Gunung Semeru terjadi pada Sabtu (16/1/2021) sore WIB.

Letusan Gunung Semeru sontak membuat masyarakat yang tinggal di sekitarnya menjadi terkejut. Terlebih, awan panas yang muncul dari letusan gunung tertinggi di Jawa itu terlihat membumbung tinggi dan begitu tebal.

Bupati Lumajang, Thoriqul Hal, pun menjelaskan bahwa Gunung Semeru mengeluarkan awan panas dengan jarak 4,5 kilometer (km). Titik awan panas ini terutama di sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan.

Dahsyatnya letusan Gunung Semeru pun bisa turut terlihat dari sejumlah foto serta video yang diabadikan masyarakat setempat. Dalam sebuah foto bakan terlihat awan panas yang begitu tebal terlihat membumbung tinggi di langit.

(FOTO | OKEZONE.COM)
(FOTO | OKEZONE.COM)
(FOTO | OKEZONE.COM)

Awan panas yang terus disemburkan Gunung Semeru pun membuat sebagian besar bagian bagian gunung tertutupi. Video ini menunjukkan betul dahsyatnya semburan awan panas terebut.

Di dokumentasi lainnya, warga menjelaskan bahwa Gunung Semeru mengeluarkan awan yang begitu besar. Dalam video yang diambil di sebuah permukiman penduduk di sekitar Gunung Semeru itu terlihat awan putih menyelimuti langit. Warga itu juga menjelaskan bahwa letusan dibarengi abu vulkanik.

(FOTO | OKEZONE.COM)

“Gunung Semeru mengeluarkan awan yang begitu besar. Ini posisi saya dan teman-teman banser ada di lokasi, habis mengawal. Ini erupsi abu ini, tapi semoga tidak ada apa-apa,” ujar warga sekitar saat mengabadikan letusan Gunung Merapi.

Gunung Semeru sendiri diketahui terakhir kali erupsi pada Desember 2020. Tepatnya, hal itu terjadi pada Sabtu 5 Desember 2020 sekira pukul 23.23 WIB.

Saat itu, Gunung Semeru memuntahkan awan panas guguran dengan jarak luncur 1.500 meter. Sementara pada hari ini, Gunung Semeru dilaporkan meluncurkan awan panas dengan jarak luncur sekitar 4,5 km dan masih berlangsung hingga saat ini. []

(Sumber | OKEZONE.COM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed