oleh

Gaduh Cegah Corona, UTU Bentuk Satgas

Laporan | Azhar Sigege

Meulaboh-Ancaman penyebaran Virus Corona (Covid-19) ikut membuat gaduh dunia pendidikan tinggi. Universitas Teuku Umar (UTU), misalnya.

Kampus yang dinakhodai Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE., MBA ini terus mengambil langkah-langkah strategis, salah satunya dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas).

Satgas tersebut khusus untuk menangani penyebaran Virus Corona di lingkungan kampus UTU, dengan harapan mampu menjadi garda terdepan dalam menghadapi bahaya Covid-19 di Universitas itu.

Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE., MBA, mengatakan pihaknya sangat serius menangani pencegahan penyebaran Virus Corona (COVID-19).

“Langkah awal adalah mengeluarkan surat edaran tentang kewaspadaan COVID-19 yaitu Surat Edaran Rektor Nomor 04/UN59/KP.11.00/2020 tertanggal 16 Maret 2020. Surat edaran tersebut berisi sejumlah kebijakan yang mengarah pada pengurangan kegiatan semaksimal mungkin seperti pergantian kuliah tatap muka dengan daring, serta menunda kegiatan akademik seperti konferensi, kuliah umum, kuliah lapangan, dan lainnya,” ujarnya.

Langkah lainnya, katanya, dengan membuat rencana aksi pencegahan dan penanganan penyebaran COVID-19 di lingkungan kampus dengan melìbatkan banyak pihak.

“Kita meminta keluarga besar UTU untuk melakukan perilaku hidup sehat dengan lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun, mengonsumsi makanan sehat agar lebih meningkatkan daya tahan tubuh,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga meminimalkan kegiatan di keramaian serta memakai masker dan mengurangi interaksi dengan orang lain maupun anggota keluarga atau rumah tangga bagi yang mengalami gejala-gejala influenza.

“Dan mari kita tingkatkan kewaspadaan terhadap gejala influenza termasuk SARS dan COVID-I9 di unit kerja masing-masing dengan melakukan pembaruan informasi tentang penyebaran COVID-l9,” katanya lagi.

Pihaknya meminta pengelola gedung menugaskan petugas kebersihan untuk lebih sering membersihkan tempat-tempat yang sering tersentuh tangan seperti meja, gagang pintu, gagang jendela, pegangan atau rel tangga, dan lain-lain dengan disinfektan. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed