oleh

Gelimang Prestasi Pelajar SMA di Aceh Barat Daya

Blangpidie-Berbagai prestasi terus diraih pelajar SMA di lingkup Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Aceh Barat Daya (Abdya). Siapa sangka, berada di Kabupaten yang di mekarkan pada tahun 2002, generasi didik disana terus menunjukkan kemampuan mereka.

Bayangkan, seperti pada Kamis (03/12/2020), siswa SMA Negeri Unggul Tunas Bangsa Aceh Barat Daya (Abdya), semakin kokoh dalam berbagai ajang perlombaan di wilayah itu. Setelah pekan lalu meraih juara pada seleksi Duta Pelajar Kamtibmas, siswa sekolah ini kembali menyabet juara pertama Duta Pelajar Sadar Hukum, Kamis (3/12/2020).

Dua siswa sekolah yang difavoritkan masyarakat Abdya yang berhasil meraih juara pertama seleksi Duta Sadar Hukum adalah Andryan Fajar Riski dan Jumalisa Putri. Juara kedua diambil siswa SMAN 2 Abdya masing-masing Zuhari Alvinda Haris dan Rafifatul Salma MR. Tempat ketiga diduduki Ananda Erza Chaniago dan Cut Mardiana dari SMAN 1 Abdya.

Kegiatan seleksi Duta Sadar Hukum dibuka secara resmi oleh Kepala Kejaksaan Negeri Abdya Nilawati, SH, di aula Cabang Dinas Pendidikan Aceh wilayah Abdya. Kegiatan ini diikuti 40 siswa yang merupakan utusan dari 20 SMA dan SMK di kabupaten itu.

Kepala Kejaksaan Negeri Abdya Nilawati, SH, menyampaikan bahwa kegiatan pemilihan duta sadar hukum memiliki arti panting bagi generasi muda, khususnya siswa SMA dan SMK. Karena dengan memiliki bekal pengetahuan yang cukup tentang hukum, generasi muda dapat menerapkannya ketika terjun ke masyarakat kelak.

“Ajang pemilihan duta sadar hukum, akan memberi pengalaman bagi para siswa tampil di depan publik. Kesempatan seperti ini tidak dimiliki oleh semua orang,” kata Kajari.

Karena itu, ia mengajak para siswa utk bersungguh-sungguh dan menampilkan yang terbaik pada ajang tersebut. “Yang terpilih sebagai juara, jangan cepat puas. Teruslah meningkatkan pengetahuan sehingga bisa meriah prestasi di tingkat provinsi. Bagi yang belum berhasil sekarang, masih terbuka kesempatan pada berbagai event lainnya,” ujarnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Abdya Drs Syarbaini M.Si, saat memberikaan plakat hadiah kepada sang juara duta Sadar Hukum kepada siswa yang berlangsung Kamis (03/12/2020), di aula Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Abdya. (FOTO | IST)

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Abdya Drs Syarbaini M.Si menjelaskan, kegiatan seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum selain bertujuan memilih juara juga berguna untuk melatih siswa tampil di depan publik. “Pengamalan ini akan membekas dalam memori para siswa sepanjang hidup,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan pemilihan duta sadar hukum diikuti 20 pasang peserta dari seluruh SMA dan SMK di lingkup Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Aceh Barat Daya (Abdya). Selamat menoreh prestasi generasi penerus bangsa! []

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed