oleh

Gelombang Pasang, Air Laut Naik ke Permukiman Warga di Aceh Barat

banner 728x90

Gelombang pasang melanda Gampong Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Sabtu (20/7). Akibatnya, air laut dilaporkan mencapai perumahan warga. Gelombang pasang yang terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, merusak tanggul di tepi pantai dan jalanan rusak.

“Gelombang pasang mengakibatkan rusaknya tanggul giobag dan cincin sumur. Air laut masuk ke badan jalan dan beberapa rumah warga di sepanjang Jalan Diponegoro, Jalan Tamrin, dan Jalan Samudra,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek, Sabtu (20/7).

Menurut Dadek, BPBD Aceh Barat telah menurunkan tim ke lokasi untuk melakukan pemantauan. Hasil pemantauan akan menjadi langkah untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Sementara, satu alat berat yang berada di lokasi rusak. Alat berat itu awalnya diturunkan untuk membersihkan material pasir di badan jalan. Saat ini, BPBA masih mengupayakan menurunkan alat berat pengganti.

“Kondisi terbaru, yaitu badan jalan dipenuhi air dan pasir laut, akses jalan hampir tidak bisa dilewati kendaraan roda dua dan empat, dan air laut masih pasang,” kata Dadek.

Sebelumnya, gelombang pasang juga terjadi di kawasan tersebut pada Selasa (16/7). Gelombang pasang mengakibatkan tanggul tepi pantai terkikis, sehingga air laut masuk ke perumahan warga. []

(Sumber | KUMPARAN.COM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed