oleh

Gerobak Sorong untuk Sokong UMKM Aceh Tamiang di Masa Pandemi

Aceh Tamiang-Perekonomian masyarakat ikut menjadi nestapa gara-gara wabah Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), seperti halnya pelaku UMKM di Kabupaten Aceh Tamiang.

Kondisi yang tidak menentu itu membuat pelaku UMKM di daerah ini tak berdaya dan hampir lumpuh atas usaha-usaha mereka disana.

Beruntung, masyarakat dan pelaku UMKM di Bumi Muda Sedia—sebutan untuk Kabupaten Aceh Tamiang, memiliki wakil-wakil rakyat di parlemen DPRK setempat. Rosmalina, misalnya.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) dari Daerah Pemilihan (Dapil) I (Kecamatan Karang Baru, Kuala Simpang, Rantau dan Sekerak), bergerak cepat untuk memulihkan roda perekonomian pelaku UMKM di daerah tersebut.

Kiat dilakukan Srikandi Aceh Tamiang ini dikemas dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Membangun kebersamaan untuk saling berbagi dimasa sulit ini, itulah bagian yang dilakukan istri T. Yusni, seorang tokoh pemekaran Kabupaten Aceh Tamiang. Ia mencoba meminimalisir dampak pandemi COVID-19, dengan menyiapkan berbagai strategi.

Strategi itu dimulai dengan mendata dan memberikan bantuan berupa Gerobak Sorong untuk berdagang, Payung untuk berdagang dan lembaran rupiah untuk modal berdagang.

“Pemberdayaan ekonomi para pelaku UMKM perlu kita terus galakkan,” ujar Rosmalina kepada PENAPOST.ID, disela-sela pembagian stelling, Minggu 21 Desember 2020 di Karang Baru.

Bagi dirinya, menjaga konstituen tidak perlu dengan hal-hal yang besar apa lagi dengan janji-janji. Namun bagaimana bisa menjaga silaturahmi dengan secara berkala.

“Bantuan akan diberikan secara bertahap dan yang pasti untuk pemberdayaan ekonomi. Biar ekonomi masyarakat dapat berputar,” katanya.

Bantuan yang diberikan tersebut beragam, mulai dari Steling, Payung, Bibit ikan lele, Sayuran hidroponik serta dana sebagai upaya penambahan modal.

“Saya yakin dengan bantuan ini, ekonomi masyarakat dapat berputar. Dan yang pasti karena massa pandemi ini saya dibutuhkan untuk menyambung usaha mereka,” jelasnya.

Ditengah masa Pandemi ini, setiap kegiatan ia selalu menerapkan Protokol Kesehatan (Protkes). Begitu juga masyarakat agar selalu tenang dan mengikuti anjuran pemerintah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Masyarakat harus terus jaga kesehatan dengan menggunakan masker, jaga jarak serta sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun,” himbau dia.

Bantuan tersebut diharapkan Politisi ini bisa meringankan beban masyarakat, khususnya pelaku UMKM di desa-desa yang terdampak pandemi ini. []

(Editor     | Redaksi)
(Laporan | Erwan)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed