oleh

Guru Sebagai Penggerak Dunia Pendidikan harus Terus Diperhatikan

Jakarta-Dampak Covid-19 memang sangat terasa khususnya bagi dunia pendidikan. Dan guru sebagai sosok yang paling dihormati di dalam dunia pendidikan menjadi salah satu harapan terbesar untuk membawa majunya bangsa melalui pembangunan SDM yang dihasilkan dari proses pendidikan.

Meskipun kini pembelajaran selama masa pandemi dilakukan secara daring namun, pembimbingan seorang guru tetap tidak tergantikan oleh teknologi informasi.

Artinya fungsi guru tidak sebatas hanya menstransfer ilmu semata, akan tetapi justru yang lebih utama pada peran pendidiknya sebagai ciri khas yang melekat pada jati diri guru dalam membentuk integritas kepribadian peserta didik yang berbasis pendidikan karakter

Tujuan sistem pendidikan nasional dalam UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 menjelaskan tantang peran guru dalam mempersiapkan SDM Indonesia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab.

Maka dari itu, pemerintah terus mengapresiasi jasa guru dengan tidak henti-hentinya untuk terus berupaya memuliakan para guru Indonesia.

Melalui berbagai terobosan kebijakan dalam bentuk penghargaan, kesejahteraan, dan perlindungan hukum bagi peningkatan marwah guru terus digulirkan dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru, terpenting dari substansi undang-undang dan peraturan pemerintah tersebut telah menegaskan status hukum guru sebagai pendidik profesional.

Selanjutnya terbit Permendikbud No 10 Tahun 2017 tentang Perlindungan bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dengan tujuan untuk melindungi pendidik dan tenaga kependidikan dalam menghadapi permasalahan terkait pelaksanaan tugas, meliputi perlindungan hukum, profesi, keselamatan dan kesehatan kerja, dan hak atas kekayaaan intelektual, termasuk pula perlindungan terhadap tindak kekerasan, ancaman, perlakukan diskriminatif, intimidasi, dan perlakuan tidak adil.

Upaya dalam pembentukan SDM unggul melaui proses pendidikan bukanlah tanpa hambatan, melainkan dihadapkan pada dua tantangan besar baik secara eksternal maupun internal yang harus dicarikan jalan solusinya.

Sampai dengan saat ini terdapat sekitar 4 juta guru dan 50 juta jumlah peserta didik yang ada di Indonesia. mengingat jumlah yang sangat banyak itulah, pemerintah bersama kelembagaan yang khusus menangani pembinaan guru, mengingat dengan kewenangan yang dimiliki dalam menentukan norma, standar, prosedur, dan kriteria (NSPK), dapat mereorientasi kembali kebijakan tata kelola guru khusunya dalam mengurai permasalahan mutu guru, apalagi status guru kini kewenangannya berada pada pemerintah daerah. Seorang guru dituntut profesional di dalam menangani kegiatan pembelajaran.

Hal ini sejalan dengan harapan Mendikbud Nadiem Makarim yang disampaikan pada sambutan hari guru nasional 2019, bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru sebaiknya lebih interaktif, guru diminta untuk menciptakan ruang kelas yang lebih bersifat diskusi, bahkan guru dapat kemberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajar, sehingga dapat mendorong kreativitas, sekaligus membekali kemampuan kolaborasi, yang kelak menentukan kesuksesan anak.

Mendikbud menyadari bahwa di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, proses pembelajaran jarak jauh atau daring yang dilakukan di sejumlah daerah dapat terus dijalankan dengan baik.

“Saya selalu bilang ini adalah bencana kesehatan, bencana ekonomi, bencana pendidikan. Tetapi jangan sampai kita keluar dari krisis ini tanpa membawa bekal atau hikmah pembelajaran dari pengalaman. Karena dari semua kesulitan, itu adalah akar dari pembelajaran yang terpenting di hidup kita,” papar Mendikbud Nadiem Makarim beberapa waktu yang lalu. []

(Sumber | OKEZONE.COM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed