oleh

Harga Bahan Pokok Naik, Gula Pasir Hingga Cabai Merah Keriting

Hari ke-2 puasa Ramadhan, harga beberapa bahan pokok rupanya masih tinggi. Terutama harga bawang merah, cabai merah keriting dan gula pasir. Sebagai gambaran, harga gula pasir di Pamulang, Tangerang Selatan, saat ini mencapai Rp18.500 hingga Rp19 ribu perkilo.

Kenaikan harga juga terjadi pada bawang merah. Bahkan kenaikan komoditi yang satu ini sempat sangat tinggi, pada puasa perdana di bulan ramadhan tahun ini (Jumat 24 April 2020).

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, rata-rata harga bawang merah di pasar tradisional menyentuh Rp44.750/Kg, atau naik 12 persen dari posisi bulan lalu.

Kenaikan juga terjadi pada komoditi cabai merah keriting. Dari data harga pangan.id, harga cabai merah keriting mengalami kenaikan 5,5 persen atau sekitar Rp1.650 untuk wilayah Jakarta. Saat ini harga cabai merah keriting menyentuh angka Rp31.650.

Menanggapi lonjakan harga tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya melakukan upaya penstabilan, terutama gula pasir putih. Termasuk dengan menggelontorkan 250 ribu ton gula pasir putih serta melakukan Operasi Pasar. []

(Sumber | VIVA.CO.ID)

Advertisement

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed