oleh

Harga Jual Anjlok, Tapi Sepi Pembeli

banner 728x90

Laporan | Azhar Sigege

Meulaboh-Pasokan ikan di Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, dilaporkan membludak. Sampai-sampai meski banyaknya ikan, harga jual anjlok namun sepi dari pembeli.

Banyaknya pasokan ikan diperparah dengan tak bisa di ekspor ke luar, membuat harga jual iIkan disana anjlok.

Biasanya, harga Ikan di tingkat grosir per keranjang mencapai Ro.300 ribu rupiah, kini hanya di jual Rp. 50 ribu rupiah saja. Harga tersebut untuk jenis ikan tongkol.

“Jika di kali dengan kilo gram, biasanya di jual Rp. 13 ribu rupiah, kalau ikan tongkol kini hanya Rp 3 ribu rupiah saja, itupun sulit yang beli,” kata Anwar, seorang agen Ikan di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Ujong Baroeh Meulaboh, Sabtu, 18 April 2020.

Murahnya harga ikan tersebut di picu banyaknya pasokan, sehingga pengaruh Pandemi COVID-19 ikan tak ada penampung dari luar dan membuat harga ikan anjlok di pasaran.

Meski harga murah, namun ikan segar tersebut terlihat berserakan di pasar hal ini disebabkan pasokan ikan melebihi permintaan warga di Meulaboh.

Selain ikan tongkol, beberapa jenis ikan lainnya juga ikut mengalami penurunan, seperti ikan karang dari Rp. 40 ribu rupiah menjadi Rp.30 ribu rupiah, sedangkan ikan kembung, dari Rp. 36 ribu rupiah sampai Rp. 30 ribu rupiah.

“Namun diantara ikan tersebut hanya ikan tongkol yang mengalami penurunan drastis,” kata Anwar. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed