oleh

Honor Belum Cair, Guru Sertifikasi Non PNS Kemenag Aceh Barat Mengeluh

Laporan | Azhar Sigege

Meulaboh-Honor guru sertifikasi non PNS di Lingkungan Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kabupaten Aceh Barat, sejak Januari 2020 belum juga cair. Abdi didik disana mengaku resah belum dibayarnya honor tersebut.

Mereka mengaku kewalahan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama ini. Tidak mendapatkan honor selama hampir enam bulan membuat sejumlah guru sertifikasi non PNS disana kewalahan memenuhi kebutuhan hidupnya.

Padahal, mereka mengaku selama ini telah memenuhi haknya sebagai tenaga pendidik, namun honor belum juga dibayarkan oleh pihak Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kabupaten Aceh Barat. [Baca Juga: Pemerintah Pastikan Tunjangan Guru Madrasah Non-PNS Tetap Dibayarkan]

“Kawan-kawan disini sudah begitu resah, lantaran belum ada kepastian dibayar atau tidaknya sertifikasi tersebut,” keluh seorang guru yang enggan namanya di publis.

Bahkan, sumber tadi tidak mempersoalkan jika pihak KanKemenag membayar honor tersebut enam bulan ke depan. Yang ia inginkan adanya kejelasan.

“Tidak menjadi soal jika pun dibayar sampai enam bulan kedepan. Yang ingin saya dan teman-teman pertanyakan apakah benar akan dibayar atau tidak,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar, Senin (15/06/2020) sore menjelaskan, permasalahan belum di bayarnya honor mereka, lantaran tidak masuknya Guru Serifikasi tersebut ke dalam DIPA tahun 2020.

“Jadi anggaranya tidak masuk dalam DIPA, sehingga kita belum bisa melakukan pembayaran, Insyaallah akhir bulan ini anggarannya keluar, setelah dilakukan revisi,” kata Khairul Azhar, di ruang kerjanya.

Menurutnya ada 33 orang guru di Kabupaten Aceh Barat yang sertifikasi non PNS, semuanya belum dilakukan pembayaran untuk tahun 2020,

“Honor mereka bervariasi mulai dari Rp1,5 Juta hingga Rp2,3 Juta sekian,” katanya menyebutkan.

Pihaknya meminta kepada guru-guru tersebut agar bersabar menunggu proses pencarian dana tersebut yang Insyaallah akan cair akhir bulan ini. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed