oleh

Jalan Panjang Bob Hasan dari Tukang Kayu ke Bapak Atletik

Jakarta-Bob Hasan meninggal dunia pada Selasa (31/3). Ia menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto pukul 11.00 WIB.

Nama Bob Hasan tak hanya terkenal di dunia olah raga sebagai Ketua PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), tapi juga sebagai pengusaha kelas kakap di Indonesia.

Ia memulai usahanya di industri kayu bersama Presiden RI ke-2 Soeharto. Bob Hasan melakukan ekspansi usaha besar-besaran hingga menjadi mitra bagi perusahaan asing yang bergerak di bisnis kayu di Indonesia.

Kesuksesan Bob Hasan di industri kayu membuat ia ditunjuk sebagai Ketua Asosiasi Panel Kayu Indonesia (APKINDO). Ia diberikan kebebasan oleh Soeharto untuk mengekspor, menebang, memasarkan, hingga menetapkan harga kayu yang dijual.

Tak heran, namanya di kalangan pengusaha semakin tenar kala itu. Hanya saja, APKINDO terpaksa dibubarkan karena krisis ekonomi pada 1997 silam.

Bob Hasan juga menjadi pemegang saham mayoritas perusahaan kertas, yakni Georgia Pacific. Ia resmi mengakuisisi perusahaan tersebut pada 1976.

Setelah sukses mengakuisisi perusahaan tersebut, Bob mendirikan perusahaan bernama Kalimanis Group. Perusahaan itu disebut-sebut menguasai lebih dari dua juta hektare lahan hutan di Kalimantan.

Dengan kenyataan itu, Bob Hasan seringkali dijuluki sebagai raja hutan Indonesia. Tak puas sampai di situ, ia juga mendirikan bisnis di berbagai sektor, seperti keuangan, asuransi, dan otomotif.

Dia juga mencicipi industri media di Indonesia. Pada 1994 silam, Bob Hasan melahirkan Media Gatra. Hal ini mendapatkan dukungan penuh dari Soeharto.

Bob juga pernah menduduki jabatan Menteri Perindustrian di era Soeharto, tepatnya 1998 silam. Namun, ia hanya menjabat beberapa bulan dari Maret hingga Mei 1998 dan digantikan oleh Rahardi Ramelan. []

(Sumber | CNNINDONESIA.COM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed