Jokowi Anggarkan Rp800 Miliar Benahi Jalan Rusak di Lampung

Jakarta – Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) akan memperbaiki sejumlah ruas jalan yang rusak di Provinsi Lampung dengan secara khusus mengucurkan anggaran kurang lebih Rp800 miliar.

Hal ini disampaikannya Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui unggahan di akun instagram @Jokowi, meskipun ia menyebut bahwa sebenarnya setiap ruas jalan di Negara memiliki penanggung jawabnya masing-masing.

Secara tanggung jawab, perbaikan jalan di Lampung seharusnya ditangani oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

“Pemerintah pusat bertanggung jawab untuk jalan nasional, Gubernur untuk jalan Provinsi, dan Bupati Wali Kota untuk jalan Kabupaten/Kota. Namun, (karena) situasi tertentu, pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikan jalan seperti di Provinsi Lampung,” ungkapnya, seperti dikutip Bisnis.com, Sabtu 6 Mei 2023.

Dia menyebut bahwa Pemerintah ingin memperbaiki jalan-jalan yang sudah lama tidak diperbaiki seperti yang dilihatnya dalam kunjungan ke Lampung, Jumat (5/5/2023), baik jalan provinsi, kabupaten, atau jalan kota yang rusak parah.

Lebih lanjut, Jokowi memerinci bahwa biaya tersebut akan mencakup perbaikan 15 ruas jalan dan akan dimulai pada Juni setelah proses lelang.

“Namun, tetap nanti ada beberapa ruas yang menjadi tanggung jawab Gubernur, ada Bupati. Jangan semuanya ditanggung pemerintah pusat. Hal serupa yang membutuhkan bantuan pemerintah pusat juga ada di beberapa Provinsi lain,” ucapnya.

“Yang jelas memberikan pelayanan kepada masyarakat termasuk menyiapkan infrastruktur jalan yang baik adalah bagian dari tugas pemerintah baik pusat, Provinsi, maupun Kabupaten/Kota,” tandasnya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *