oleh

Jokowi Kulineran di Aceh, Coba Kari Kambing, Ikan Steam dan Kopi Sanger

Jakarta-Vlog Jokowi kulineran kembali dirilis, kali ini Aceh yang jadi destinasi wisata kuliner. Presiden Jokowi mencoba kari kambing, ikan steam Aceh, hingga kopi sanger yang nendang.

Lewat saluran YouTube Presiden Joko Widodo, vlog bertema #jkwkuliner merilis kuliner andalan di Aceh. Video berdurasi 9 menit ini merupakan episode kedua kuliner Aceh. Video sebelumnya sudah dirilis sebulan lalu.

Dalam video ini menampilkan tiga kuliner andalan di Aceh yakni Rumah Makan Hasan, Ring Road Coffee dan Banda Seafood. Aneka hidangan di tempat ini pernah dicicipi orang nomor satu di Indonesia ini ketika berkunjung ke Aceh.

Rumah Makan Hasan dirintis tahun 1986, menjajakan kari kambing bumbu rempah. Foto: YouTube Presiden Joko Widodo. (FOTO | DETIK.COM)

Pertama ada Rumah Makan Hasan yang berlokasi di Banda Aceh. Rumah makan yang sudah ada sejak 1986 ini dirintis oleh pria asli Aceh bernama Hasan.

Pak Hasan bercerita sejarah singkat hadirnya warung makan yang cukup terkenal di Bumi Serambi Mekah ini. Ia mengatakan mulai belajar mengolah hidangan sejak masih kecil. Keadaan ekonomi yang sulit membuat Hasan bekerja di rumah makan di luar jam sekolahnya.

“Saya dulu kerja sama orang. Saya orang miskin, betul-betul orang miskin. Setengah hari kerja sama orang, setengah hari pergi sekolah,” ujar Pak Hasan.

Berbagai makanan khas Aceh di Rumah Makan Hasan. (FOTO | YouTube Presiden Joko Widodo Via DETIK.COM)

Ketika masih muda, Hasan berpamitan untuk pergi bekerja. Ada nasehat dari sang ayah yang hingga kini ia pegang teguh. “Kerja kemana saja boleh, asal kamu jujur. Kita jangan sombong, jangan iri. Rezeki itu Allah yang ngasih. Yang penting kita sabar, kita jujur,” beber Pak Hasan menirukan pesan dari sang ayah.

Setiap harinya, Rumah Makan Hasan menyediakan berbagai menu mulai dari kari kambing, ayam panas, ayam tangkap hingga ikan gabus. Namun yang jadi andalannya adalah kari kambing yang sedap dengan kuah berbumbu rempah.

Rahasia kelezatan masakan Pak Hasan ini terletak juga pada teknik pengolahannya. Semua masakan diolah menggunakan cara tradisional dengan kayu bakar. “Dimasak pakai kayu, lebih enak, aromanya wangi, empuknya juga beda.”

Rumah Makan Hasan kerap dipadati pengunjung. (FOTO | YouTube Presiden Joko Widodo Via DETIK.COM)

Presiden Jokowi pernah merasakan langsung hidangan yang diracik Pak Hasan. Jokowi menikmatinya usai kunjungan ke Meulaboh. Sayangnya, Jokowi tak sempat datang langsung ke Rumah Makan Hasan melainkan menyantap hidangannya di hotel.

Hal ini dilakukan karena saat itu kondisi sudah terlalu sore. “Pak Presiden Jokowi kalau datang ke Aceh, kalau bisa ya makan lah di tempat Pak Hasan sekali-sekali,” ujar Pak Hasan diiringi senyum.

Tak hanya Rumah Makan Hasan, di Aceh Presiden Jokowi juga mampir ke Ring Road Coffee. Coffee shop berkonsep modern ini menyajikan ragam kopi lokal yang hadir dengan tampilan berbeda.

Ring Road Coffee juga pernah disambangi Jokowi. Foto: YouTube Presiden Joko Widodo. (FOTO | YouTube Presiden Joko Widodo Via DETIK.COM)

“Saya pernah ke kafe ini. Selain kopi gayo ada menu khas nira espresso, air buah kelapa ijo dicampur dengan kopi espresso,” tulis Jokowi dalam caption video.

Kedai kopi yang dirintis sejak tahun 2010 ini mengandalkan kopi gayo sebagai biji kopi andalan. Di sini ada varian kopi sanger yang terdiri dari campuran susu kental manis dan espresso.

Afif Ramadhan selaku pemilik coffee shop mengatakan ketika mampir ke kedainya, Presiden Jokowi mencicip kopi sanger. Dalam bahasa Aceh, sanger sendiri artinya adalah sama-sama mengerti.

Kopi sanger dan nira espresso jadi varian menu di Ring Road Coffee. (FOTO | YouTube Presiden Joko Widodo Via DETIK.COM)

“Waktu itu jam 9 pagi dapat kabar bahwa Presiden mau ke kafe. Sempat nggak nyangka juga, apa iya Pak Jokowi datang? Alhamdulillah emang Pak Jokowi datang. Waktu itu pesan sanger, ya saya senang juga karena Pak Jokowi bilang ‘ini kopinya enak’ gitu,” beber Afif.

Kuliner lain yang juga ditampilkan dalam vlog Jokowi kuliner Aceh yakni Banda Seafood. Restoran spesialis seafood yang sudah beroperasi sejak 2002.

Pemilik restoran yang bernama Abubakar Usman mengisahkan pengalaman saat restorannya disambangi Presiden Jokowi. Abubakar mengatakan setiap hari restoran bisa disambangi sekitar 200-300 orang.

Abubakar Usman selaku pemilik Banda Seafood. (FOTO | YouTube Presiden Joko Widodo Via DETIK.COM)

Menu andalan di restoran ini cukup bervarian namun salah satu menu bumbu lada hitam yang jadi andalan. “Kita yang lebih unggul ya lada hitamnya. Bisa udang, kepiting, bisa daging, bisa ayam,” ujar Abubakar.

Tak hanya bumbu lada hitam, di sini ikan steam juga jadi juara. Steam bumbu Aceh bahkan jadi favorit Presiden Jokowi.

“Steam Aceh lebih terasa ke rasa asamnya naik, kemudian rasa pedasnya. Itu namanya steam Aceh,” jelas Abubakar.

Ikan steam Aceh, menu favorit Jokowi di Banda Seafood. (FOTO | YouTube Presiden Joko Widodo Via DETIK.COM)

Ternyata ikan steam Aceh ini juga sukses membuat Presiden Jokowi merindukan makanan khas Aceh. “Saya masih merindu masakan Aceh. Saya ingin datang ke Banda Seafood, rumah makan seafood yang laris di kota itu, menikmati terutama ikan steam Aceh andalannya. Semoga ada waktu,” tulis Jokowi.

Abu Bakar merasa senang mendapat perhatian dari Presiden Jokowi. Menurutnya, Jokowi membuat merek daerah bisa menjadi merek nasional.

Kulineran Jokowi di Aceh sebelumnya menampilkan beberapa tempat makan legendaris di Aceh. Sebut saja Rumah Makan Lem Bakrie, Mie Aceh Mie Razali, kopi Solong hingga Ayam dan Bebek Bu Si Itiek. Nah selanjutnya Presiden Jokowi akan kulineran kemana lagi ya? []

(Sumber | DETIK.COM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed