oleh

Kasus Positif Tambah 16 Orang, Sembuh 48 Pasien

Banda Aceh-Kasus positif baru Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Provinsi Aceh masih bertambah. Data diperoleh dari Pemerintah hingga 19 Januari 2021 dalam 24 jam terakhir, terdapat penambahan 16 kasus baru COVID-19 di Provinsi ujung barat Indonesia ini.

Dengan demikian, jumlah akumulasi kasus COVID-19 di Provinsi Aceh mencapai 9.071 orang.terhitung sejak kasus pertama diumumkan pada 27 Maret 2020 lalu.

Begitupun, per hari ini pasien yang dinyatakan sembuh bertambah 48 orang. Sehingga total pasien sembuh di Provinsi Aceh berjumlah 7.749 orang.

Sementara penderita yang dirawat saat ini 948 orang. Namun, per hari ini tidak ada pasien yang meninggal dunia. Meskipun secara akumulasi angka kematian akibat COVID-19 di Bumi Serambi Mekkah ini berjumlah 374 orang sejak kasus pertama diumumkan pada 27 Maret 2020 lalu.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, dalam keterangannya, Selasa, (19/01/2021), mengatakan pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh tersebut telah selesai menjalankan isolasi mandiri atau sudah ke luar dari rumah sakit, tempatnya dirawat selama ini.

Ia menyebutkan, kasus-kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 di Aceh tersebar di lima Kabupaten/Kota, yakni warga Kabupaten Pidie Jaya sebanyak enam orang dan warga Aceh Besar sebanyak empat orang. Selanjutnya, warga Kota Banda Aceh sebanyak tiga orang, Lhokseumawe dua orang, dan satu lagi warga Gayo Lues.

Sebaliknya, pasien yang dilaporkan sudah sembuh sebanyak 48 orang tersebut yang paling banyak warga Kota Lhokseumawe, sebanyak 32 orang. Kemudian, warga Kabupaten Pidie sebanyak 10 orang, dan warga Kota Langsa sebanyak 6 orang.

Ia menghimbau kepada penderita baru COVID-19 dapat menjalani perawatan sesuai anjuran medis yang menanganinya. Bagi yang tidak memiliki gejala dan dianjurkan isolasi mandiri, hendaknya dijalankan sesuai protokol kesehatan untuk melindungi anggota keluarga dan para tetangganya.

Begitu juga bagi penderita yang dirawat di rumah sakit rujukan atau Rumah Sakit Umum Daerah, hendaknya menjalankan prosedur perawatan dengan baik. Percayakan semua tindakan perawatan kepada dokter dan tim medis lainnya supaya dapat ditangani secara optimal dan segera dapat meninggalkan ruang perawatan tersebut.

“Bila mengikuti semua anjuran dokter dan tim medis, istirahat total di ruang perawatan, dan berdoa, Insya Allah segera pulih dari gelaja COVID-19 yang sangat tidak nyaman itu, dan sembuh kembali seperti sedia kala,” tuturnya.

Lebih lanjut, Jubir Saifullah mengatakan, kasus-kasus probable di Aceh secara akumulasi saat ini sebanyak 650 orang. Dari jumlah kasus probable tersebut, 19 orang dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 571 sudah selesai isolasi, dan 60 orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 6.266 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.102 orang sudah selesai masa isolasi, 103 orang dalam proses isolasi di rumah, dan 61 orang isolasi di rumah sakit. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed