oleh

Kesembuhan Pasien Corona di Aceh Semakin Meningkat

Banda Aceh-Angka kesembuhan (recovery rate) pasien penderita penyakit Coronanvirus Disease 2019 (COVID-19) meningkat di Aceh, dari 48,4% tiga hari sebelumnya menjadi 55,9%.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, menyebutkan bahwa pasien COVID-19 yang dilaporkan sembuh bertambah 244 orang. Sedangkan hasil tracing kasus maupun konfirmasi positif baru bertambah 190 orang.

Ia merincikan pasien COVID-19 yang dilaporkan sembuh dalam 24 jam terakhir sebanyak 244 orang, meliputi warga Aceh Besar sebanyak 122 orang, Simeulue 29 orang, Pidie 20 orang, Aceh Jaya 19 orang, Aceh Barat 13 orang, Gayo Lues 8 orang, dan Aceh Selatan 7 orang. Warga Kota Lhokseumawe dan Langsa, sama-sama 6 orang.

Selanjutnya warga Aceh Timur dan Aceh Barat Daya masing-masing sebanyak 5 orang. Kemudian warga Aceh Singkil sebanyak 2 orang. Sisanya warga Nagan Raya dan Aceh Utara sama-sama sembuh sebanyak 1 orang.

“Alhamdulillah, berkat doa seluruh masyarakat dan kerja tim medis di garda depan perawatan penderita Covid-19 di Aceh telah meningkatkan angka kesembuhan dalam tiga hari terakhir,” ujar Saifullah.

Pada sisi yang lain, lanjutnya, jumlah penderita baru yang konfirmasi positif, yang dilaporkan dalam 24 jam terakhir juga bertambah kasus baru Covid-19. Kasus-kasus baru ini merupakan hasil tracing terhadap kontak erat pasien konfirmasi sebelumnya. Jumlahnya mencapai 190 orang.

Para penderita baru ini meliputi warga Banda Aceh sebanyak 30 orang, Aceh Tenggara 28 orang, Aceh Singkil 26 orang, Aceh Jaya 24 orang, Aceh Tamiang 19 orang, dan Aceh Tengah 10 orang. Sedangkan warga Aceh Besar dan Aceh Selatan yang dilaporkan positif baru jumlahnya sama-sama 9 orang.

Virus corona juga menginfeksi warga Pidie sebanyak 8 orang, Lhokseumawe 7 orang, Aceh Utara 6 orang, Aceh Timur 4 orang, Bener Meriah 3 orang, dan warga Aceh Barat Daya 2 orang. Warga Aceh Barat dan Bireuen yang bertambah positif Covid-19 masing-masing 1 orang. Sedangkan 3 orang lainnya merupakan warga dari luar daerah.

Kumulatif COVID-19

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan ada penambahan 190 kasus positif COVID-19 (konfirmasi) baru, secara akumulasi jumlah korban virus corona di Aceh sudah mencapai 4.171 orang. Rinciannya, 1.854 orang masih dirawat di rumah sakit atau diisolasi, 2.167 orang dinyatakan sembuh, 150 orang meninggal dunia.

“Tiga orang dikhabarkan meninggal dunia masing-masing warga Banda Aceh, Aceh Selatan dan warga Aceh Barat Daya,” katanya lagi.

Sementara itu, tambah dia, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau kasus probable secara akumulasi sebanyak 403 orang. Dari jumlah tersebut, 55 PDP/probable dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 327 sudah sembuh (selesai isolasi), dan 21 orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 2.869 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.171 orang sudah selesai masa pemantauan (selesai isolasi), 312 orang dalam proses isolasi di rumah dan dalam pantauan Tim Gugus Tugas Covid-19 , dan 2 orang isolasi di rumah sakit. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed