oleh

Kini, Banda Aceh Sudah Ada Perwal Penggunaan Masker

Laporan | Afrizal

Banda Aceh-Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh, resmi menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwal) yang mengatur penggunaan masker bagi masyarakat dalam rangka pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), di daerah tersebut.

Salinan Perwal bernomor 24 Tahun 2020 tertanggal 6 Mei 2020, yang diperoleh PENAPOST.ID di tandatangani Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dan Sekretaris Daerah Kota Banda Aceh, Bahagia.

Tangkap layar Peraturan Wali Kota Nomor 24 Tahun 2020.

Dalam Perwal itu disebutkan bahwa, setiap orang yang berada di wilayah Kota Banda Aceh wajib menggunakan masker, apabila beraktivitas di luar rumah.

Masker yang digunakan harus memenuhi persyaratan standar kesehatan seperti masker N95, masker biasa (masker bedah) dan masker kain.

Bukan itu saja, selain menggunakan masker, setiap masyarakat juga wajib menjaga jarak (physical distancing), minimal 1,5 meter dan menghindari kerumunan (social distancing).

Nah, dalam Perwal itu disebutkan perlu adanya peran serta masyarakat secara aktif dalam rangka pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19)

Peran serta masyarakat dapat dilakukan dalam bentuk memberi bantuan alat pencegahan penyebaran COVID-19 termasuk masker, melapor kepada Pemko melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota, apabila melihat tempat-tempat umum atau tempat usaha atau perseorangan yang tidak taat dan melakukan pelanggaran-pelanggaran terhadap Perwal ini.

Bagi pengelola fasilitas publik, diharuskan membuat informasi tentang pemberlakuan dan peringatan kawasan wajib pemakaian masker. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed