oleh

KMP Aceh Hebat 1 Disemprot Disinfektan

Banda Aceh-Sebagai upaya pencegahan peneyabaran wabah Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), Tim Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyemprot disinfektan, Kamis, (14/01/2021).

Kepala Pelaksana BPBA, Dr. Ir. Ilyas, MP, mengatakan penyemprotan disinfektan keseluruh areal kapal dilakukan oleh 4 orang petugas Tim BPBA, sesaat setelah KMP. Aceh Hebat 1 sandar di Pelabuhan Ulee Lheue Kota Banda Aceh sekitar pukul 20.30 WIB.

KMP Aceh Hebat 1, merupakan kapal jenis Roro dengan bobot 1.300 GT yang dibuat di Galangan Kapal PT. Multi Ocean Shipyard, Tanjung Balai Karimun dan pernah di launching oleh Ir. Nova Iriansyah, MT saat menjabat sebagai Plt. Gubernur Aceh pada tanggal 3 Oktober 2020.

Sekitar 2 hari waktu yang dibutuhkan oleh Kapal Aceh Hebat 1, berlayar dari lokasi pembuatan di Galangan Tanjung Balai Karimun pada tanggal 12 Januari 2021 dan tiba dengan selamat di Pelabuhan Ulee Lheue pada tanggal 14 Januari 2021.

KMP. Aceh Hebat 1 nantinya akan melayari rute Meulaboh-Labuhan Haji-Simeulue sementara KMP. Aceh Hebat 3 yang sebelumnya duluan sampai ke Aceh akan melayari rute Aceh Singkil-Pulau Banyak dan KMP. Aceh Hebat 2 akan melayari rute Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh-Balohan Sabang.

Keberadaan ke 3 Kapal baru pesanan Pemerintah Aceh tersebut nantinya untuk meningkatkan konektivitas wilayah kepulauan.

Khusus untuk Kapal Aceh Hebat 1 akan menjadi jembatan masyarakat kepulauan (Simeuleu) memasok kebutuhan logistik yang dikirim dari wilayah daratan sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat tidak terganggu dan tetap stabil. []

(Editor     | Muhammad Zairin)
(Laporan | Muhammad Zairin)
(Sumber  | Pusat Data dan Informasi BPBA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed