oleh

Kode Reshuffle Kabinet dari Istana

Jakarta-Reshuffle kabinet nampaknya akan tetap terlaksana meski Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Indramayu, Jawa Barat. Mensesneg Pratikno sebelumnya juga telah memberi kode agar masyarakat menunggu.

Kode tersebut disampaikan Pratikno kemarin, Selasa (20/4/2021), di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Pratikno awalnya memastikan pengumuman reshuffletidak akan disampaikan hari ini.

“Nggak ada (pengumuman reshuffle hari ini),” kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, kemarin.

Saat itu, Pratikno sedang bersama Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Pramono menyampaikan reshuffle tidak akan diumumkan hari ini karena Presiden Jokowi akan meninjau lokasi panen padi di Indramayu.

“Besok Presiden kunjungan kerja ke Jawa Barat,” terang Pramono.

Setelah itu, baru Pratikno menyampaikan isyarat soal reshuffle.

“Tunggu saja,” singkat Pratikno sebelum meninggalkan lokasi.

Seperti diketahui, prediksi pengumuman reshuffle kabinet bakal disampaikan hari ini meleset. Pasalnya, Presiden Jokowi memiliki agenda kunker ke Desa Wanasari, Kecamatan Bangodua, dengan menempuh perjalanan darat dari Istana Kepresidenan Bogor.

Bukan tanpa alasan muncul prediksi pengumuman reshuffle akan disampaikan Jokowi hari ini. Alasannya ialah karena hari ini adalah Rabu Pahing, hari pasaran Jawa yang kerap digunakan Jokowi untuk mengumumkan reshuffle.

Dari kepemimpinan periode 2014-2019, setidaknya ada dua hari yang menjadi momentum Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle, yakni Rabu Pahing dan Rabu Pon. Dari lima kali reshuffle, empat reshuffledilakukan pada periode 2014-2019, sisanya periode sekarang.

Reshuffle pertama diumumkan Jokowi tepat pada 12 Agustus 2015, Rabu Pon. Reshufflekedua juga dilakukan pada Rabu Pon, tepatnya 27 Juli 2016.

Dua tahun kemudian, reshuffle diumumkan pada 17 Januari 2018, Rabu Pahing. Beberapa bulan kemudian, 15 Agustus 2018, Jokowi kembali melakukan reshuffle kabinet, lagi-lagi pada Rabu Pahing.

Reshuffle pertama pada periode kedua kepemimpinan Jokowi diumumkan pada 22 Desember 2020 yang jatuh pada Selasa Pahing, di mana Jokowi memperkenalkan 6 menteri barunya. Namun pelantikan ke-6 menteri itu digelar pada Rabu Pon, 23 Desember 2020. []

(Sumber | DETIK.COM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed