oleh

Masa Libur Panjang Walikota Ajak Perketat Razia Prokes

Banda Aceh-Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman ajak masyarakat gampong (desa-red) untuk memperketat razia protokol kesehatan (prokes), terutama selama libur panjang pada akhir pekan depan.

Pemerintah pusat telah menetapkan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28 dan 30 Oktober 2020. Sedangkan petingatan maulid nabi diperingati Kamis 29 Oktober 2020.

Sementara 31 Oktober dan 1 November bertepatan dengan hari libur Sabtu dan Minggu, sehingga ada libur panjang pada akhir pekan nanti selama lima hari, yakni pada 28 Oktober – 1 November 2020.

“Di tengah pandemi, kita harus sigap mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19,” kata Aminullah Usman, Walikota Banda Aceh, Kamis (22/10/2020).

Sebagaimana biasanya pada masa liburan, jumlah orang yang keluar-masuk pusat kota akan lebih banyak dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Menurutnya, saat mobilitas orang yang tinggi perlu memastikan prokes 4M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan) dipatuhi masyarakat, baik para pendatang maupun warga kota.

“Untuk itu, razia prokes wajib kita perketat di gampong masing-masing. Mari kita bahu-membahu bersama tim razia gabungan yang melakukan operasi yustisi di pusat-pusat keramaian dan perbatasan kota,” ujar Aminullah.

Kata ia, update Covid-19 per 20 Oktober 2020 Banda Aceh masih berkutat pada zona oranye: kota dengan risiko sedang penyebaran Corona. Angka Covid-19 tercatat 1.898 kasus positif, 339 orang dalam perawatan, 1.492 telah dinyatakan sembuh, dan 67 orang meninggal dunia.

“Berkaca dari pengalaman sebelumnya, jangan sampai usai libur panjang terjadi lonjakan kasus Covid-19. Ini harus menjadi perhatian kita semua, karena target pada akhir Oktober ini Banda Aceh kembali ke zona hijau sehingga aktivitas di semua sektor bisa menuju normal,” terangnya. []

(Editor     | Muhammad Zairin)
(Laporan | Muhammad Zairin)

Advertisement

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed