oleh

Menanti Aksi Plt Gubernur Aceh Sambangi Warga Sipoet

Laporan | Azhar Sigege

Meulaboh-Jika Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersilaturahmi dengan warga Aceh di luar itu masih biasa. Tapi, bagaimana sebaliknya jika orang nomor satu di Aceh ini mengunjungi warganya di Desa Sipoet? Tentu ini magnet tersendiri bagi Nova Iriansyah dan Pemerintahan Aceh.

Desa Sipoet adalah sebuah desa di Kecamatan Sungaimas, Kabupaten Aceh Barat. Disana warga masih banyak membutuhkan perhatian serius Pemerintah dalam hal pendidikan, ekonomi, sarana dan prasarana hingga layanan kesehatan di desa tersebut.

Meski diakui, Sipoet bukanlah satu-satunya desa yang masih jauh dari harapan di bumi serambi Mekah. Tapi menambah sederet desa yang masih terisolir di provinsi paling ujung barat Indonesia.

Begitupun, kehadiran Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah ditengah kehidupan masyarakat sudah saatnya. Pemerintah dinilai perlu segera membangun layanan pendidikan, kesehatan di desa tersebut serta menghidupkan perekonomian masyarakat setempat.

Layanan pendidikan di desa Sipoet, jika tak berlebihan ibarat jauh panggang dari api. Tidak ada satupun satuan pendidikan di desa berpenduduk 43 Kepala Keluarga (KK) itu. Meskipun pendidikan ujung tombak pembangunan di Tanah Air. Belum lagi, masyarakat disana begitu antusias untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak mereka.

Pendidikan begitu penting bagi Pemerintah Aceh periode 2017-2022 yang dituangkan dalam visi-misi Pemerintah Aceh yaitu Aceh Carong. Bagi warga Sipoet, jika anak-anak mereka bersekolah, harus ke desa seberang yaitu desa Payabaro maupun Pasi Ara, Kecamatan Woyla.

Kondisi serupa juga belum dapat dirasa warga disana terhadap layanan kesehatan. Di desa ini pula, belum memiliki layanan kesehatan seperti Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu (Pustu). Padahal begitu penting layanan kesehatan tersebut di desa ini.

Sebab, layanan kesehatan ini juga untuk mencegah angka kematian bagi Ibu melahirkan maupun masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Selama ini, jika warga sakit-sakitan maupun Ibu melahirkan warga harus membawanya ke Puskesmas Kajeung, yang tak lain adalah Pusat Pemerintahan Kecamatan Sungaimas atau ke desa seberang.

Alternatif lainnya yang dapat dilakukan untuk Ibu hamil melalui bidan kampung atau pengobatan tradisional. Dalam keseharian warga desa Sipoet mayoritas adalah petani kebun seperti karet maupun kelapa sawit.

Dahulu kala, di desa ini memiliki pasar setiap pekan yaitu pada hari Kamis. Entah apa penyebabnya, hari pekan itupun juga tidak ada lagi. Kini, jika hendak berbelanja warga harus turun ke pusat Kecamatan Woyla seperti Desa Seuneubok atau Kuala Bhee.

Nova Iriansyah yang kini memimpin Aceh secara tunggal lantaran Gubernur non aktif, Irwandi Yusuf harus berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus rasuah Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) Tahun 2018.

Terkait hal ini, akankah Nova Iriansyah menemui warganya di pedalaman Kecamatan Sungaimas, Kabupaten Aceh Barat, atau sebaliknya. Biarlah waktu dan Nova Iriansyah yang bisa menjawabnya. []

(Editor| Redaksi)

Advertisement

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed