oleh

Mengenal 4 Jenis Lembaga Penyiaran di TV dan Radio Indonesia, Apa Saja?

Jakarta-Lembaga penyiaran yang biasa ditemui di radio atau siaran TV memiliki berbagai macam jenis. Jenis lembaga penyiaran tentunya perlu diketahui agar Anda dapat membedakannya.

Kementerian Kominfo memberikan penjelasan yang sesuai dengan Undang-Undang No.32 Tahun 2002 tentang penyiaran. Dikutip Pikiran-Rakyat.com melalui akun Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika, @kemenkominfo, simak 4 jenis lembaga penyiaran yang ada di TV dan radio.

1. Lembaga Penyiaran Publik (LPP)
Lembaga Penyiaran ini didirikan oleh negara, bersifat independen, netral, tidak komersial dan bertujuan untuk memberikan layanan untuk masyarakat.

LPP terdiri dari RRI, TVRI, dan LPP Lokal yang didirikan di Provinsi, Kabupaten atau Kota. Umumnya siaran ini bisa diterima secara tidak berlangganan (free to air) melalui sistem terestrial.

Siaran LPP menjangkau seluruh wilayah negara Republik Indonesia secara berjaringan dengan setasiun-stasiun penyiaran lokalnya.

2. Lembaga Penyiaran Swasta (LPS)
Lembaga penyiaran in didirikan oleh badan hukum Indonesia untuk bersiaran radio atau televisi dengan tujuan komersial.

Umumnya siarannya bisa diterima secara free to air melalui sistem terestrial. Siarannya dapat diselenggarakan secara berjaringan dengan LPS-LPS anggotanya di berbagai daerah.

3. Lembaga Penyiaran Berlangganan (LPB)
Lembaga penyiaran ini didirikan oleh badan hukum Indonesia untuk menyelenggarakan jasa penyiaran berlangganan dengan tujuan komersial.

Siarannya menggunakan sistem satelit, kabel atau terestrial dengan menawarkan varioasi program siaran yang dapat dipilih oleh pelanggannya.

4. Lembaga Penyiaran Komunitas (LPK)
Lembaga penyiaran yang didirikan oleh komunitas tertentu, bersifat independen, tidak komersial dan bertujuan untuk memberikan layanan untuk komunitasnya.

Umumnya siarannya bisa diterima secara free to air melalui sistem terestrial dengan jangkauan wilayah siaran yang terbatas. []

(Sumber | PIKIRAN-RAKYAT.COM)

Advertisement

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed