oleh

Nasib Nasabah BPRS Haurekat Setelah Izin Dicabut OJK

Laporan | Azhari Usman

Banda Aceh=Nasib nasabah PT BPRS Hareukat Aceh Besar, mulai ada titik terang, setelah sebelumnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Aceh mencabut izin lembaga perbankan tersebut.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memastikan akan mengembalikan uang nasabah. Saat ini LPS hampir rampung melakukan proses administrasi sebagai syarat pengembalian uang nasabah.

“Sampai saat ini proses rekonsiliasi dan verifikasi hampir rampung sebagai syarat pembayaran. Jika tidak ada kendala maka proses pencairan uang nasabah akan dilakukan pada November 2019,” jelas Kepala Divisi Kehumasan Lembaga Penjamin Simpanan, Haydin haritzon melalui Iwan Sofiana, Kepala Madya Tenaga Ahli Lembaga Penjamin Simpanan kepada Media Pers, Kamis, 24 Oktober 2019, di Banda Aceh.

Iwan Sofiana menjelaskan proses rekonsiliasi dan verifikasi atas data simpanan dan informasi lainnya harus dilakukan untuk menetapkan simpanan yang akan dibayar. Rekonsiliasi dan verifikasi dimaksud akan diselesaikan LPS paling lama 90 hari kerja sejak tanggal pencabutan izin usaha yakni 18 Februari 2020.

Pembayaran dana nasabah akan dilakukan secara bertahap selama kurun waktu tersebut. Dalam pelaksanaan proses likuidasi PT BPRS Hareukat, LPS mengambil alih dan menjalankan segala hak dan wewenang pemegang saham, termasuk hak dan wewenang RUPS bank.

Iwan Sofiana mengungkapkan fungsi kehadiran LPS untuk membuat masyarakat jangan kawatir apabila izin Bank tempat mereka menyimpan uang telah dicabut.

Namun, LPS harus melihat tiga persyaratan untuk melakukan klaim nasabah. Diantaranya, suku bunga yang diberikan Bank tidak melebihi atau sesai dengan suku bunga acuan LPS, dan nama nasabah tercatak dalam database Bank serta buka nasabah kredit macet.

Iwan Sofiana mengaku LPS akan membayar klaim sebesaar Rp.2 miliar untuk satu nasabah ditiap Bank. Jika lebih dua miliar maka LPS akan membayar dalam bentuk liquidasi atau pemebayran dilakukan setelah semua aset Bank dijual.[]

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed