oleh

Pasien Sembuh COVID-19 Capai 88 Persen

Aceh Tamiang-Pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Aceh Tamiang, sedikit bernafas lega.Sebab, jika sebelumnya daerah tersebut masuk dalam daftar zona merah penyebaran wabah Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), kini angka kesembuhan memcapai 88 persen. Fantastis luar biasa.

Sekilas memang secara umum Provinsi Aceh dinilai berhasil mengendalikan penyebaran virus corona dalam dua pekan terakhir hingga bumi Serambi Mekkah ini mendapat apresiasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Nasional.

“Alhamdulillah saat ini Aceh dan termasuk Aceh Tamiang dinilai berhasil mengendalikan penyebaran virus corona,” sebut Ketua Tim Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Agusliayana Devita, S.STP, M.Si pada pada PENAPOST.ID, Sabtu, 28 November 2020.

Menurutnya keberhasilan Aceh dalam mengendalikan virus corona tersebut diketahui dari Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani kepada media Pers, Jumat (27-11-2020), untuk disiarkan kepada masyarakat

“Masyarakat perlu kita beritahu ada apresiasi ini karena apresiasi itu diperoleh sebagai hasil kerja keras semua pihak, terutama kesadaran masyarakat yang kian meningkat dalam mencegah penularan virus corona di Aceh,” sebut Devi mengutip keterangan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani.

Ia menjelaskan, Satgas COVID-19 Nasional membanding jumlah kasus konfirmasi positif harian di Aceh selama periode 9-15 November vs 19-22 November 2020, yang turun sekitar 6,7%.

Sementara untuk Aceh Tamiang sendiri sambung Devi ada 295 orang dinyatakan sembuh dari total warga Terkonfirmasi Positif Covid-19 sebanyak 334 orang. “Yang sembuh itu mencapai 88.3 persen,” ungkap Devi.

Seperti biasa Devi memberikan informasi data terkini pertanggal 28 November 2020 yaitu sebanyak dua orang terkonfirmasi positif COVID-19 dari hasil Swab PCR dan satu orang terkonfirmasi positif meninggal .

Devi menyampaikan pasien terkonfirmasi positif meninggal sebelumnya sempat di rawat di RSUD Aceh Tamiang pada hari Senin (21/11/20) dan melakukan swab pertama pada Rabu (23/11/20) dan swab ke dua Kamis (24/11/20). ” Kemudian Pasien dinyatakan meninggal pada tanggal Jum’at (25/11/20) kemarin,” sebutnya.

Kemudian Devi merincikan secara detail perkembangan data terbaru jumlah masyarakat Aceh Tamiang terkonfirmasi positif COVID-19 meliputi, Suspek nihil, Probable yang dirawat nihil.

Selanjutnya, Probable meninggal dua orang , total warga Aceh Tamiang yang telah terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 334 orang dengan rincian 295 orang sembuh dan 26 orang masih terkonfirmasi positif COVID-19, sementara 13 orang lainnya meninggal.

“Secara keseluruhan bulan ini nyaris sangat menurun warga yang terkonfirmaai positif COVID-19. Hal terjadi karena masyarakat kita sudah peduli dengan mengikuti Prokes. Menggunakan Masker saat beraktivitas diluar rumah, menjaga jarak serta membiasakan mencuci tangan dengan sabun,” jelasnya.

Sementara sambungnya warga Terkonfirmasi Positif Covid-19 hingga saat ini sebanyak 26 orang. “Insya Allah dengan kita secara bersama-sama mematuhi Protokol Kesehatan jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 akan nihil,” sebut Devi.

Seperti biasa Devi mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk dapat mematuhi Peraturan Bupati Aceh Tamiang nomor 30 Tahun 2020 tentang peningkatan penanganan COVID-19 dan instruksi Bupati Aceh Tamiang Nomor 5245 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Selama Pandemi COVID-19.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang terus menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan (3M) dan meningkatkan imunitas tubuh, agar penyebaran COVID-19 ini cepat segera berakhir,” harapnya. []

(Editor     | Redaksi)

(Laporan | Erwan)

Advertisement

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed