oleh

‘Pawai Hias 1000 Komunitas 1000 Kreativitas’ di Banda Aceh

banner 728x90

Banda Aceh-Setelah sukses melakukan serangkaian kegiatan melibatkan komunitas di berbagai daerah sejak Juni 2019 lalu, pada Minggu (8/12/2019) lalu, Spekta Merah menggelar acara puncak kegiatan yang mengusung tema “Pawai Hias 1000 Komunitas 1000 Kreativitas”.

Kegiatan ini dilakukan serentak di 7 titik di Indonesia, yaitu Banda Aceh, Lhouksemawe, Kabupaten Lebak-Serang, Kabupaten Karawang-Karawang, Kota Binjai-Medan, Kisaran-Pematang Siantar serta Kota Sibolga-Padang Sidempuan dan memecahkan rekor MURI sebagai Pawai Hias dengan Komunitas terbanyak se-Indonesia.

Penyerahan rekor MURI secara simbolis dilakukan di Lapangan Galuh Mas, Karawang. Sedangkan Pawai Hias 1000 Komunitas 1000 Kreativitas di Banda Aceh dipusatkan di Lapangan Lapangan Bilang Padang dan di kota Lhouksemawe dipusatkan di Lapangan Sudirman.

“Ini merupakan pencapaian yang luar bisa bagi kami dapat mengumpulkan 1000 komunitas di titik-titik Indonesia, dengan berbagai kreativitas mereka yang mereka tampilkan melalui kegiatan ‘Pawai Hias 1000 Komunitas 1000 Kreativitas’. Memang prosesnya tidak mudah untuk mengumpulkan para komunitas ini, namun semangat dan solidaritas mereka yang menjadikan akhirnya acara ini dapat berjalan,” ujar Brand Manager Spekta Merah, Fabio Junot Ardelto, dalam keterangan tertulisnya yang diterima media ini, Selasa (17/12/2019).

Perayaan Spekta Merah tahun ini, kata Fabio, mengangkat semangat kebersamaan dan solidaritas para komunitas di Indonesia. Semangat kebersamaan bagi masyarakat Indonesia, menurutnya merupakan budaya yang telah melekat sejak dulu, dimana hal menariknya adalah semangat ini justru muncul dari masyarakat yang mempunyai karakter berbeda.

Rasa solidaritas dan gotong royong, kata Fabio, masih kental ditemukan terlebih bagi masyarakat Indonesia yang tetap ‘guyub’ dan menjaga kekompakan dalam menjalankan keseharian aktivitas mereka. Seluruh komunitas ini akan bersama-sama berkumpul dalam kegiatan “Pawai Hias 1000 Komunitas 1000 Kreativitas” sebagai puncak perayaan dari rangkaian kegiatan Spekta Merah.

Pihaknya memberikan apresiasi akan inisiatif yang dilakukan Spekta Merah dalam menjaga solidaritas dan semangat gotong royong masyarakat, Perwakilan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) menyampaikan kebanggaannya dan memberikan penghargaan rekor MURI sebagai Pawai Hias dengan Komunitas Terbanyak se-Indonesia kepada Spekta Merah.

“Kami mengapresiasi pemecahan rekor MURI ini tidak saja dari konsep pawai hias oleh berbagai macam komunitas tersebar dititik-titik Indonesia, tapi juga konsep kreativitas yang ditampilkan oleh komunitas tersebut,” ujarnya.

Perwakilan Komunitas Merah di Banda Aceh (Komunitas Anak Nelayan), Surya mengaku bangga menjadi bagian kegiatan puncak Spekta Merah Pawai Hias 1000 Komunitas 1000 Kreativitas.

“Melalui puncak kegiatan Spekta Merah ini, bisa mempererat rasa kebersamaan para komunitas yang ada di daerah. Semangat solidaritas ini juga berdampak baik, tidak saja menyalakan semangat terus bergotong royong, namun bisa mewujudkan kreativitas kami sekaligus menjadi wadah menunjukkan kreativitas komunitas kami kepada masyarakat luas. Sungguh, komunitas kami di daerah Gampong Jawa Kota Banda Aceh merasa bangga jadi bagian bersejarah pemecahan rekor MURI Pawai Hias dengan Komunitas Terbanyak se-Indonesia,” ungkap Surya.

Dalam memeriahkan puncak perayaan Spekta Merah 1000 Komunitas 1000 Kreativitas di Kota Banda Aceh dan Lhouksemawe juga turut dihadirkan acara hiburan seperti penampilan band dan musisi ternama tanah air.

Tak hanya itu, ada pula beragam kegiatan seru yang akan menyalakan semangat solidaritas dan kekompakan para komunitas dan ragam budaya lokal.

“Kami berharap kegiatan rutin Spekta Merah yang diadakan di berbagai daerah dan puncak kegiatan 1000 Komunitas 1000 Kreativitas ini, akan terus menyalakan kehidupan bermasyarakat yang damai dan solidaritas yang tinggi karena semangat solidaritas dalam komunitas tidak boleh redup dan harus selalu dinyalakan agar semangat kebersamaan terus terjaga dan masyarakat terus hidup rukun,” tutup Fabio, Brand Manager Spekta Merah. [] Rilis

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed