oleh

Pelayanan yang Baik Bukan Prestasi Tapi Kewajiban

Aceh Tamiang-Memberikan pelayanan yang baik, bukan suatu prestasi, akan tetapi merupakan kewajiban selaku Aparatur Pemerintah kepada sasyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Aceh Tamiang H Mursil, pada seremonial pembagian secara simbolis 7.181 akte jelahiran kepada Petugas Regritasi Kampung (PRK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Jum’at (25/09/2020).

Mursil mengatakan bahwa setahun  lalu dirinya setiap harinya menerima laporan tentang pelayanan yang diberikan oleh pejabat maupun petugas yang ada Disdukcapil tidak sesuai dengan prosedur.

“Alhamdulillah dengan langkah cepat dan tepat yang kita lakukan. Dibawah kepemimpinan yang baru ini, respon dan tanggapan masyarakat sudah cukup baik,” ujar Mursil dihadapan PRK, Perwakilan Datok Penghulu dan jajaran Staf Disdukcapil.

Mursil juga menyampaikan bahwa dalam memberikan pelayanan masyarakat bukan arti para petugas memberikan pelayanan untuk dapat imbalan dari masyarakat dalam hal pengurusan dokumen adminitrasi kependudukan.

“Setahun lalu, saya masih ingat sekali bahkan namanya selalu ingat. Kalau cari makan jangan disini, disini kita sudah dibayar oleh pemerintah karena pada dasar sudah menjadi tugas kita dalam melayani masyarakat. Dalam urusan administrasi kependudukan jangan pernah minta uang kepada masyarakat,” kata Mursil.

Namun kata Mursil, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kecepatan dan pelayanan prima juga harus dibarengi dengan kehati – hatian.  Jangan sampai ada dokumen yang salah dikeluarkan, karena akan berimbas dengan masalah hukum.

“Tapi perlu ditegaskan ke hati-hatian, itu bukan berarti menghambat akan tercapainya pelayanan prima,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Sepriyanto menyampaikan bahwa dalam waktu satu minggu terakhir, pihaknya bersama seluruh jajaran Disdukcapil berupaya semaksimal mungkin melakukan percepatan pengurusan Akte Kelahiran untuk masyarakat Aceh Tamiang.

Pada laporannya Ia juga merincikan, sebanyak 7181 Akte Kelahiran yang telah selesai dibuat yang hari ini akan dibagikan kepada masyarakat melalui para Petugas Registrasi Kampung (PRK) masing – masing kampung.

“Yang pasti terus berupaya agar dapat memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat seperti Moto kami “Bermutu Adminduknya , Bermutu Layanannya,” sebut Sepriyanto.

Sepriyanto menyampaikan telah terjadinya peningkatan permohonan penerbitan Akta Kelahiran baik 0 – 18 Tahun maupun semua umur jumlah permohonan penerbitan Akta Kelahiran masing – masing menyebutkan Kecamatan Manyak Payed berkas yang masuk sebanyak 1277 berkas dan telah selesai diterbitkan Akta Kelahiran sebanyak 657.

Kemudian Kecamatan Bendahara berkas yang masuk sebanyak 530 berkas dan telah selesai diterbitkan Akta Kelahiran sebanyak 1160. Kecamatan Karang Baru berkas yang masuk sebanyak 1575 berkas dan telah selesai diterbitkan Akta Kelahiran sebanyak 875.

Kecamatan Seruway berkas yang masuk sebanyak 1100 berkas dan telah selesai diterbitkan Akta Kelahiran sebanyak 503. Kecamatan Kota Kualasimpang berkas yang masuk sebanyak 948 berkas dan telah selesai diterbitkan Akta Kelahiran sebanyak 866.

Kecamatan Kejuruan Mudaberkas yang masuk sebanyak 594 berkas dan telah selesai diterbitkan Akta Kelahiran sebanyak 441. Kecamatan Tamiang Hulu berkas yang masuk sebanyak 452 berkas dan telah selesai diterbitkan Akta Kelahiran sebanyak 325.

Kecamatan Rantau berkas yang masuk sebanyak 563 berkas dan telah selesai diterbitkan Akta Kelahiran sebanyak 334. Kecamatan Banda Mulia berkas yang masuk sebanyak 1062 berkas dan telah selesai diterbitkan Akta Kelahiran sebanyak 272.

Kecamatan Bandar Pusaka berkas yang masuk sebanyak 162 berkas dan telah selesai diterbitkan Akta Kelahiran sebanyak 57. Kecamatan Tenggulun berkas yang masuk sebanyak 26 berkas dan telah selesai diterbitkan Akta Kelahiran sebanyak 14. Kecamatan Sekerak berkas yang masuk sebanyak 742 berkas dan telah selesai diterbitkan Akta Kelahiran sebanyak 237.

Total berkas yang masuk 9031 berkas dan sebanyak 7181 berkas telah diterbit menjadi Akta Kelahiran. Sementara sebanyak 2.440 berkas masih dalam proses dan sebanyak 1850 berkas dipending.

Secara simbolis penyerahan 7181 Akte Kelahiran dilakukan oleh Bupati melalui perwakilan lima Petugas Regitrasi Kampung (PRK) yang masing masing didamping oleh para Datok Penghulunya.  Masing – masing Kampung Kota lintang Kecamatan Kota Kualasimpang, Kampung Durian Kecamatan Rantau, Kampung Matang Cicin Kecamatan Manyak Payed, Kampung Bandar Setia Kecamatan Tamiang Hulu serta Kampung Perkebunan Gedung Biara Kecamatan Seruway.

Acara dilanjutkan dengan foto bersama di Halaman Kantor Disdukcapil sembari bersama-sama menghimbau mengajak masyarakat melengkapi dokumen kependudukan.

Dengan suara yang tegas Bupati Mursil mengatakan “Ayo masyarakat Aceh Tamiang, Lengkapi Dokumen Kependudukan. Dokumen beres, tidak pakai uang,” ajaknya. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed