oleh

Pemahaman Siswa SMK Terhadap Revolusi Industri 4.0 Harus Diperkuat

banner 728x90

BIREUEN-Pemahaman siswa SMK tentang Revolusi Industri 4.0 mutlak harus diperkuat, mengingat semua aktivitas usaha saat ini sudah menggunakan sistem digital yang terkoneksi dengan internet.

“Para siswa SMK harus siap menghadapi era ini dengan memperdalam pengetahuannya di bidang teknologi informasi. Karena itu, semangat belajar dan berkompetisi harus ditingkatkan”.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bireuen, H. Saifannur, S.Sos, saat membacakan pidato tertulis Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT, pada pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Aceh, Sabtu (06/09/2019) malam, di halaman Pendopo Bupati setempat.

Sebagaimana diketahui, LKS SMK ke-28 tersebut berlangsung sejak 7-12 September 2019, di Kabupaten Bireuen dan Kota Lhokseumawe.

Ia mengatakan, pembangunan sektor pendidikan merupakan cara paling efektif dalam mendapatkan sumber daya manusia yang handal. Salah satu jenis pendidikan yang ideal untuk melahirkan SDM terampil itu adalah melalui pendidikan kejuruan dengan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan kerja.

“Begitu pentingnya pendidikan kejuruan ini, sehingga Presiden mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia kita,” katanya.

Menurutnya, Inpres itu tentu sejalan dengan kondisi Aceh yang saat ini sangat membutuhkan banyak tenaga terampil di berbagai sektor usaha. Apalagi saat ini Pemerintah Aceh sedang berupaya menyiapkan proyek besar di bidang energi dan pengembangan kawasan ekonomi khusus. Tentu ke depan, akan dibutuhkan banyak tenaga kerja terampil.

“Oleh sebab itu, Pemerintah Aceh terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan melalui program Aceh Carong, Aceh Meuadab dan Aceh Teuga. Aceh Carong menekankan pada kemampuan daya saing dan kualitas pendidikan, Acèh Meuadab fokus pada upaya memperkuat nilai-nilai keislaman di kalangan anak-anak muda Aceh, sedangkan Acèh Teuga fokus kepada penguatan prestasi olahraga khususnya generasi muda,” tuturnya.

Dikatakan, salah satu upaya untuk menjalankan program itu adalah semangat untuk menjalankan Instruksi Presiden dengan mengembangkan SMK di Aceh. Untuk itu, membutuhkan dukungan dari semua stakholder untuk menjalankan misi tersebut.

“Semua dukungan itu kita harapkan dapat meningkatkan kualitas SMK di Aceh sehingga mampu menghasilkan alumni-alumni yang berkualitas. Saya sendiri sangat bangga, sebab dari tahun ke tahun prestasi siswa SMK Aceh mulai meningkat. Hal itu bisa kita lihat dari hasil Lomba Kompetensi SMK tingkat nasional yang selalu diikuti utusan dari Aceh. Bahkan pada LKS SMK tingkat Nasional di Yogyakarta Juli 2019 lalu, siswa SMK asal Aceh mampu meraih empat medali. Torehan itu membuktikan bahwa kualitas SMK kita mampu bersaing di tingkat nasional,” katanya lagi.

Ke depan ini, pihaknya akan terus meningkatkan kualitas semua SMK yang ada di seluruh Aceh. Untuk itu, diperlukan upaya menciptakan kondisi belajar yang nyaman serta menghadirkan daya saing dan semangat berkompetisi yang sehat.

“Pemahaman siswa SMK tentang Revolusi Industri 4.0 mutlak harus diperkuat, mengingat semua aktivitas usaha saat ini sudah menggunakan sistem digital yang terkoneksi dengan internet. Para siswa SMK harus siap menghadapi era ini dengan memperdalam pengetahuannya di bidang teknologi informasi. Karena itu, semangat belajar dan berkompetisi harus ditingkatkan,” lanjutnya.

Masih katanya lagi, ajang LKS SMK ini adalah salah satu sarana untuk memperkuat semangat tersebut. Di ajang ini, para peserta akan diuji kemampuannya sesuai kategori yang dilombakan.

“Untuk itu saya meminta anak-anak kami yang menjadi peserta LKS ini, agar fokus mengikuti seluruh kegiatan yang dilombakan. Kerahkan seluruh kemampuan kalian untuk bisa meraih prestasi terbaik pada ajang ini,” tukasnya.

Ia percaya, siswa-siswi SMK adalah generasi terbaik di sekolah masing-masing. Kini saatnya mencetak prestasi di tingkat provinsi. Karya-karya terbaik di ajang ini tentunya berpeluang mendapat promosi di ajang yang lebih tinggi. [] Advertorial

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed