oleh

Pemerintah Aceh Diminta Pikirkan Legalitas Penambang Emas di Sungai Mas

banner 728x90

Laporan | Azhar Sigege

Meulaboh-Pemerintah Aceh dibawah nahkoda Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, diminta untuk dapat memikirkan legalitas terhadap penambang emas di Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat.

“Selama ini masyarakat disana bekerja secara ilegal, jadi pemerintah harus memikirkan legalitasnya, apa di buat Koperasi yang bergerak di bidang penambangan rakyat,” kata Ketua DPRK Aceh Barat, Samsi Barmi, Selasa (14/04/2020), di Gedung dewan setempat.

Menurutnya, masyarakat di Kecamatan Sungai Mas, sebagian berprofesi memang sebagai penambang. “Jadi penangkapan itu bukanlah penyelesaian masalah, namun pemerintah bagaimana caranya membuat tambang rakyat menjadi legal, nanti-kan bisa dikontrol, dan diikat dengan aturan yang berlaku, sehingga mereka pun dalam bekerja tidak resah lagi,” ujar Samsi.

Ia menambahkan, jika mereka telah ada izin yang tertuang dalam peraturan, apakah dalam bentuk koperasi atau lainnya. “Nanti ada pihak terkait yang lebih paham, pokoknya dipikirkanlah nasib mereka, supaya tidak bekerja lagi dalam ketakutan, ” tutup Samsi Barmi. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed