oleh

PENAPOST.ID, Independen yang Mencerdaskan Era Milenial

-Sapa-151 views
banner 728x90

TEPAT 20 Mei 2020, PENAPOST.ID (Sebelumnya PENAPOST.COM), genap berusia tujuh tahun berselancar di jagat maya. Media Pers lokal yang lahir di Kota Banda Aceh pada 20 Mei 2014 ini terus berupaya bersikap independen, akurat dan mencerdaskan pembaca di era milenial ini.

PENAPOST.ID dinahkodai PT. Pena Post Multi Media, berkedudukan di Jalan. Teungku Imum Lueng Bata, Nomor 4, LT. II, Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh.

Sebagai lembaga sosial dan wahana komunikasi massa, PENAPOST.ID melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memiliki, memperoleh, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, maupun gambar (visual).

Tangkap Layar Verifikasi Media Siber oleh Dewan Pers.

Jangkauan liputan PENAPOST.ID mencakup seluruh nusantara yang diperkuat oleh sumberdaya manusia yang profesional. Dari sisi susunan personalia perusahaan dengan redaksi terpisah karena memiliki peran dan tanggungjawab yang berbeda.

Sebagai media Pers, sebagaimana termaktub dalam pedoman pemberitaan media Siber yang menyatakan bahwa Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB.

Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers. Media pers ini dengan berbekal semangat dan pengalaman jurnalistik yang ditekuni dari berbagai media pers lokal dan nasional.

Tujannya untuk menyampaikan informasi yang dapat mencerdaskan pembaca di tanah air dan Aceh secara khusus. Perjalanan panjang mengisi kelangsungan PENAPOST.ID di beranda daring.

Saat awal berdiri hingga saat sekarang. Karya jurnalistik yang terverifikasi melalui dapur redaksi dengan sumberdaya ‘tak’ begitu ramai, kami pun terus mendapat kepercayaan pembaca.

Tangkap Layar.

Hal ini terlihat dari tool marketing yang menggunakan data traffic sebuah website untuk me-ranking website popular. Saat ini berdasarkan Litbang PENAPOST.ID (Selasa/19/05/2020) hingga pukul 23.50 WIB, berada di posisi 5.052 Traffic Rank in ID atau berada di 469,908 (Alexa Traffic Rank Global).

Tentu saja ini capaian yang pernah kami dapat sejak awal berdiri Portal Berita Online Indonesia ini di Tanah Rencong. Dari sebelumnya hanya dikunjungi 10.000 pembaca, kini telah beranak pinak dan berlipat-lipat yang jauh lebih banyak dibandingkan di era dulu yaitu lebih dari 1.000.000 pengunjung dari Provinsi Aceh, Nasional dan mancanegara.

Dipelopori oleh seorang penanggungjawab/pemimpin redaksi, wakil pemimpin redaksi, redaktur pelaksana, para redaktur serta reporter, PENAPOST.ID terus mengisi sejumlah media pers tanah air dan provinsi Aceh.

PENAPOST.ID terus menjaga pemberitaan yang jujur, akurat dan mencerahkan pembaca dari semua kalangan. Sekilas media ini bukan sekedar mengejar kecepatan yang menghasilkan ranting.

Namun juga dari sisi akurasi data dan fakta yang akan disampaikan informasi ke khalayak. Semangat untuk terus berkarya dalam menyongsong portal berita terdepan dalam menyajikan berita-berita paling aktual, cepat, dan tepercaya.

Memanfaatkan momentum istimewa ini untuk terus mematangkan diri, terus berkarya, semakin kreatif dan inovatif. Menjadi sumber berita tepercaya, salah satu tekad media pers berbasis online ini.

Tujuh tahun bukan waktu yang singkat bagi kami dalam menyusun kata menjadi kalimat dari provinsi nan indah bersyariat ini. Beragam inovasi terus disajikan melalui laman beranda PENAPOST.ID.

Menahkodai redaksi bukan tugas ringan dalam dunia Pers. Perlu sumberdaya yang profesional, bijak menyikapi persoalan naskah yang datang silih berganti dari para reporter di lapangan.

Dari awal berdiri, PENAPOST.ID terus berbenah. Termasuk mendaftarkan diri ke Dewan Pers untuk dilakukan Verifikasi. Baru pada 17 Januari 2019, PENAPOST.ID berhasil Terverifikasi Administrasi. Artinya ada satu tahapan lagi yang harus kami tempuhi yaitu Terverifikasi Faktual.

Sejak itu pula perusahaan dan seluruh awak redaksi menggelar rapat dengan catatan pada Tahun 2020, PENAPOST.ID harus terverifikasi faktual. Namun, manuasia hanya sebatas berencana.

Bayangkan, sejak awal Maret 2020. Tanah air di terpa Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Hal ini membuat kami harus menahan dulu niat untuk verifikasi faktual dari Dewan Pers hingga kondisi tersebut benar-benar pulih.

Arus informasi digitalisasi dewasa ini perlu proses verifikasi dapur redaksi, termasuk dalam hal mewartakan pemberitaan yang bersifat ramah anak. Satu tekad yang kami bangun adalah melawan Hoaxs di tengah derasnya arus informassi digital dewasa ini.

Selamat datang di beranda kami Portal berita Online Indonesia PENAPOST.ID, kami ada karena pembaca!

Salam Takzim dari Kami

PEMIMPIN REDAKSI

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *