Banda Aceh – Pengelola Rex Peunayong, Uzair, memberikan penjelasan terkait dengan keluhan yang disampaikan sejumlah pedagang kepada Ketua DPRK Banda Aceh, Kamis 9 Maret 2023.
Menurut Uzair, apa yang disampaikan oleh sejumlah pedagang kepada Ketua DPRK Banda Aceh dalam audiensi beberapa hari lalu di rumah Ketua DPRK, ada beberapa kekeliruan.
Uzair membantah bahwa pengelola Rex mempersulit pedagang berjualan, seperti melarang menjual minuman sebagaimana dikeluhkan oleh sejumlah pedagang.
Baca: Merasa Terzalimi, Pedagang Makanan Rex Peunayong Mengadu ke Ketua DPRK
Menurut Uzair, semua pedagang yang berjualan di Rex Peunayong telah menandatangani kesepakatan masing-masing hanya boleh menjual satu menu, sebagaimana tercantum dalam Surat Perjanjian Sewa Menyewa di Rex Peunayong Banda Aceh dengan PT Plut Mandiri Indonesia.
“Pihak Kedua hanya boleh menjual satu jenis kuliner sesuai daftar menu yang telah disepakati di awal perjanjian,” ungkap Uzair seperti tertulis dalam Pasal 4 poin 4).
Terkait dengan air dan arus listrik yang disebut selalu dimatikan sebelum jam 2 malam, Uzair juga menjelaskan bahwa air dan arus listrik dimatikan pada tengah malam ketika sudah tidak ada lagi pelanggan yang datang.
“Itu tidak benar, kita melihat situasi. Ada hari-hari sepi. Kita malam Sabtu, Minggu dan malam Senin itu ramai. Malam-malam tertentu sepi, malam Selasa boleh datang,” ujarnya, Minggu 12 Maret 2023.
Ia menegaskan, lampu baru dimatikan setelah tidak ada lagi pelanggan dan melihat para pedagang sedang beres-beres karena sudah sepi. Ia bahkan meminta bukti jika hal itu benar.
Ia juga membantah bahwa pengelola melakukan monopoli dengan melarang pedagang menjual minuman. Menurutnya, pengelola punya hak dan kewenangan penuh sebagaimana kontrak dengan dinas.
“Saya menetapkan aturan, kalau ada pedagang baru maka menu tidak boleh sama dengan pedagang yang sudah ada, itu untuk melindungi pedagang lama,” ungkapnya.
Baca juga: Pedagang Diduga Dilarang Jual Minuman Kecuali Jus
Jika ada pedagang baru yang mau berjualan di Rex Peunayong, kata dia, maka tidak boleh sama dengan menu yang sudah ada. Hal yang sama juga dilakukan oleh pihaknya walaupun sebagai pengelola.
Uzair mengaku telah menetapkan aturan dan standar pelayanan demi kemajuan Rex Peunayong. Setiap hari ia mengaku rutin melakukan briefing kepada anggota agar pelayanan kepada pelanggan berjalan baik dan maksimal.[]