oleh

Penyaluran Dana Desa di Kampung Perkebunan Alur Jambu di Hentikan, Ini Sebabnya

Aceh Tamiang-Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, mengambil kebijakan bahwa penyaluran Dana Desa di Kampung Perkebunan Alur Jambu, Kecamatan Bandar Pusaka, harus dihentikan.

Kebijakan ini diambil setelah Kampung tersebut hanya memiliki 14 Kepala Keluarga (KK) dan dinilai tidak memenuhi syarat sebagai sebuah perkampungan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMKPPKB) Aceh Tamiang, Mix Donal, Jumat (28/08/2020). (FOTO | ERWAN/PENAPOST.ID)

“Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang telah mengambil keputusan memberhentikan penyaluran ADD untuk Kampung Perkebunan Alur Jambu karena tidak memenuhi syarat sebagai sebuah kampung. Kampungnya hanya berpenduduk 14 (KK),” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMKPPKB) Aceh Tamiang, Mix Donal, Jum’at (28/08/2020) di Aceh Tamiang.

Ia menyrbutkan, dari jumlah 14 KK tersebut hanya dua KK yang berdomisili ditempat sementara sisanya, berada diluar kampung. “Mereka hanya ber-KTP-kan Kampung Perkebunan Alur Jambu sementara tinggalnya diluar,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan Alokasi Dana Desa kampung tersebut pertahunnya berkisaran Rp. 800 juta. Jumlah tersebut hampir sama dengan kampung lain dalam wilayah Aceh Tamiang yang jumlah penduduknya banyak,  dan keberadaan kampungnya berada dalam HGU perusahaan perkebunan. “Atas dasar inilah penyalurannya kita hentikan. Kita juga tidak mau ada masalah secara hukum,” tegasnya.

Menurut Mix Donal dari 213 kampung yang ada dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang ada 17 kampung yang berada dalam wilayah HGU Perusahaan Perkebunan, namun jumlah penduduknya lebih banyak dari Kampung Perkebunan Alur Jambu.

“Untuk kampung yang berada dalam Areal HGU Perusahaan Perkebunan, kita sedang melakukan evaluasi untuk mencari solusi terbaik dalam pengelolaan ADD agar tidak bermasalah dengan hukum,” jelasnya.

Kampung dalam Areal HGU Perusahaan Perkebunan tersebut masing – masing:

1. Kampung Bukit Panyang Sa Kecamatan Manyak Payed.

2. Dua kampung dalam Kecamatan Bendahara masing – masing Kampung Perkebunan Sungai Iyu dan Kampung Perkebunan Upah.

3. Lima kampung dalam Kecamatan Karang Baru masing – masing Kampung Bukit Keranji, Kebun Afdeling Seleleh, Kebun Tanah Terban dan Kebun Tanjong Sementok.

4. Dua kampung dalam Kecamatan Seruway masing – masing Kampung Perkebunan Gedung Biara dan Perkebunan Seruway.

5. Dua kampung dalam wilayah Kecamatan Kejuruan Muda masing – masing Kampung Kebun Sungai Liput dan Kebun Simpang Kanan.

6. Kampung Pulau Tiga Kecamatan Tamiang Hulu.

7. Kampung Perkebunan Alur Jambu Kecamatan Bandar Pusaka.

8. Dua kampung dalam Kecamatan Rantau masing – masing Kampung Kebun Rantau dan Kampung Pertamina.

9. Kampung Kebun Batang Ara Kecamatan Sekerak.

(Editor     | Redaksi)
(Laporan | Koresponden Aceh Tamiang)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed