oleh

Peran Aktif Tokoh Masyarakat untuk Menjaga Kamtibmas

Tamiang-Upaya menjaga keamanan lingkungan sangatlah penting. Seluruh elemen bangsa harus tetap berpartisipasi mendukung terciptanya keamanan lingkungan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindak kejahatan.

Tokoh masyarakat juga diminta berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. Mereka dihimbau melaporkan kepada aparat penegak hukum jika ada indikasi mencurigakan yang terjadi di lingkungan tempat tinggalnya.

Hal itu disampaikan Kepala Satpol PP dan WH Aceh, Jalaluddin, S.H., MH, dalam sambutannya pada kegiatan peningkatan koordinasi antara perangkat Gampong dan aparat keamanan, di Grand Arya Hotel, Aceh Tamiang, beberapa waktu lalu.

Dihadapan 60 peserta dari perangkat Gampong di Aceh Tamiang, Jalaluddin menjelaskan, berpedoman pada Undang-Undang Dasar Tahun 1945 pasal 30 amandemen ke-4 yang menyatakan bahwa usaha pertahanan dan keamanan Negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekuatan pendukung.

Kegiatan peningkatan koordinasi antara perangkat Gampong dan aparat keamanan, di Grand Arya Hotel, Aceh Tamiang.

Undang-undang menguji peran penting masyarakat untuk membangun keamanan dan ketertiban negara yang berkelanjutan sehingga sudah seharusnya masyarakat Gampong terlibat dalam ruang lingkup keamanan.

“Institusi Polri sendiri telah melahirkan satuan khusus dalam lingkup desa yang dikenal dengan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (BabinKamtibmas) yang diatur melalui peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pemolisian masyarakat,” kata Jalaluddin.

Masih kata Jalaluddin, sedangkan dalam jalur komando TNI juga telah hadir di Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang dibentuk dari Peraturan Kepala Staf TNI Angkatan Darat tanggal 8 April 2008.

“Oleh karena itu, struktur yang telah disebutkan di atas diharapkan mampu berkoordinasi dan borasi aktif untuk dapat terciptanya wilayah yang aman masyarakat yang tentram dan suasana yang kondusif,” harap mantan Kepala BKA ini.

Menurutnya, komunikasi antara perangkat Gampung dan aparat keamanan merupakan hal yang sangat penting. Informasi dari perangkat Gampong seperti tokoh adat, tokoh agama dan warga lingkungan dapat disampaikan dengan lebih akurat sehingga permasalahan tersebut mendapat solusi yang solutif.

“Harapan kami melalui kegiatan ini dapat terjalin kerjasama yang baik antar warga Gampong dengan aparat keamanan sehingga menambah pemahaman akan pentingnya senergisitas antara masyarakat dan aparat keamanan,” harapnya.

Acara tersebut dibuka Kamaruddin Andalah, Staf Ahli Gubernur bidang Staf Pemerintahan, Hukum dan Politik. Sementara, unsur Satpol PP dan WH Aceh, Satpol PP dan WH Aceh Tamiang serta unsur TNI dan Polri menjadi pemateri. (Advertorial)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed