oleh

Perangkat Kampung Harus Mampu Ikuti Perkembangan Teknologi

Aceh Tamiang-Dalam rangka memberikan pelayanan ‘Prima’ dan maksimal kepada masyarakat, para perangkat kampung harus mampu mengikuti kemajuan teknologi yang kian hari semakin canggih.

Hal tersebut disampaikan Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M. Kn pada kegiatan Rapat Rutin Pemerintahan Kampung dalam wilayah Kecamatan Karang Baru dan Kecamatan Sekerak yang berlangsung  di Aula Kantor Camat Karang Baru, Jumat, 27 November 2020.

“Kita sebagai perangkat Pemerintahan Daerah harus siap untuk bisa mengikuti perkembangan tersebut agar pelayanan kepada masyarakat bisa lebih prima dan maksimal,” ujarnya.

Kepada instansi terkait, sambung Mursil agar bisa melibatkan para Datok Penghulu dan Perangkat Kampung dalam pelatihan-pelatihan sehingga Pemerintahan Kampung bisa mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini.

Mursil menyampaikan  masa yang akan datang surat- menyurat akan dilakukan secara elektronik dengan tujuan memudahkan serta meringkaskan waktu dan biaya bagi masyarakat dalam pengurusan surat – menyurat tersebut.

Untuk itu kata Mursil saat ini sedang di bahas Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dimana perencanaan terkait pembangunan semuanya tercatat dalam sistem.

“SIPD adalah sebuah sistem yang tercatat terkait pembangunan. Dengan SIPD ini menjamin bahwa kedepannya takkan ada lagi penumpang – penumpang gelap dipengganggaran pembangunan karena semua telah terintegrasi dalam sistem,” jelasnya.

Saat ini juga kita tengah membahas terkait usulan menaikkan gaji Datok Penghulu di Aceh Tamiang. Seperti kita ketahui bahwa pada tahun ini dan tahun depan begitu banyak anggaran yang di pangkas untuk penanganan pandemi Covid 19.

Sehingga sangat banyak program-program pembangunan kita yang tertunda. Tetapi kedepan Pemerintah Pusat telah merencanakan berbagai program untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Ini tantangan bagi para Datok Penghulu untuk bisa mengaturnya dimasyarakat. Jangan sampai program-program yang direncanakan Pemerintah untuk membangkitkan ekonomi masyarakat ini malah menjadi polemik masyarakat. Untuk itu perlu sinergitas kita bersama dalam menghadapi pandemi ini,” terag Mursil.

Sebelumnya Camat Karang Baru Iman Suhery, S.STP.M.SP dalam laporan kegiatan menyampaikan kegiatan Rapat Rutin Pemerintahan Kampung dalam wilayah Kecamatan Karang Baru dan Kecamatan Sekerak diikuti oleh 31 Datok Penghulu dan  tiga Mukim dari Kecamatan Karang Baru serta 14 Datok Penghulu dan 4 Mukim Kecamatan Sekrak.

“Kegiatan ini sangat penting bagi kita semua agar terjalin komunikasi yang baik antara Pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan Kampung,” ungkap Camat. []

(Editor     | Redaksi)
(Laporan | Erwan)

Advertisement

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed